Dankormar Hadiri Puncak Peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Laut

Cakra101, Surabaya.- Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-78 Tahun 2023. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), menghadiri acara peringatan tersebut yang dipmpin langsung oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., CSFA., yang dilaksanakan di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (11/09/2023).

Dengan mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.” HUT TNI AL kali ini melibatkan ribuan Prajurit Jalasena Samudra, termasuk prajurit dan kendaraan tempur Korps Marinir.

Peringatan Hari TNI AL Ke 78 kali ini, selain dilakukan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV Tahun oleh Panglima TNI, Dimana acara tersebut diawali dengan parade pasukan dilanjutkan dengan demonstrasi dan diakhiri dengan devile oleh Prajurit Jalasena Samudra dan Jalasenastri TNI Angkatan Laut.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendahulu TNI Angkatan Laut yang telah meletakkan pondasi kokoh dan suri tauladan yang baik dalam menjalankan pengabdian secara paripurna.

Sebagai generasi penerus TNI Angkatan Laut, maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI Angkatan Laut sebagaimana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita, dimana Setiap Prajurit TNI Angkatan Laut harus selalu adaptif terhadap perubahan, dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, serta mampu berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga.

Foto: Dok Dispen Kormar

Tema ini menunjukkan komitmen tinggi dari TNI Angkatan Laut untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks dalam rangka turut serta mewujudkan visi indonesia emas yakni menjadi negara maju, adil, dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Komitmen tersebut tentunya perlu didukung oleh kekuatan tni angkatan laut yang modern dengan daya pukul yang kuat, daya manuver yang handal dan daya gentar yang tinggi, serta memiliki jangkauan operasional dan kemampuan proyeksi kekuatan di seluruh perairan yurisdiksi Indonesia. Oleh karena itu, upaya nyata dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern, dan Tangguh, merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Ingatlah, menjadi Prajurit Jalasena Samudera merupakan “Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan” Tegas Panglima TNI.

Peringatan Hari TNI Angkatan Laut ini merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu, dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan TNI AL serta menjadi pegangan bagi kita generasi penerus saat ini dan di masa mendatang.

Turut hadir pada upacara kali ini, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasal dari masa ke masa, Para Pejabat Utama Mabesal, dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat Serta para undangan Lainnya.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel