Irkormar Pimpin Audit dan Uji Petik Jajaran Pasmar 1

Cakra101, Jakarta.- Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Soeharijadi, S.E., bersama para staf Inspektorat Korps Marinir melaksanakan audit dan uji petik terhadap kegiatan pemeliharaan organik Ranpur dan Rantis serta pengelolaan Manset Korps Marinir TA. 2023 di Pasmar 1 yang di gelar di Gedung Gobang Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Rabu (11/10/2023).

Pelaksanaan audit dan uji petik terhadap kegiatan pemeliharaan organik Ranpur dan Rantis serta pengelolaan Manset Korps Marinir TA. 2023 tersebut berdasarkan Surat Perintah Dankormar yang akan dilaksanakan selama satu minggu ke depan.

Dalam taklimat awalnya Brigjen TNI (Mar) Soeharijadi, S.E. menyampaikan bahwa pada Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008 pasal 48 dan 49 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), ditegaskan bahwa pengawasan merupakan tanggung jawab bersama pimpinan instansi dibantu oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pengawasan harus selalu dilakukan oleh Kasatker selaku atasan langsung dan Itkormar selaku APIP melalui kegiatan audit baik itu audit kinerja, audit keuangan maupun PDTT (pemeriksaan dengan tujuan tertentu), reviu, pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan tugas/fungsi organisasi.

Foto: Dok Dispen Kormar

“Dalam menghadapi tuntutan tugas, Inspektorat Kotama sebagai APIP di lingkungan Kotama selain melakukan pengawasan dan pemeriksaan dituntut untuk berperan sebagai penjamin kualitas /quality assurance dan melaksanakan kegiatan konsultasi /consulting yang meliputi kegiatan pemberian saran/ advisory, fasilitatif dan pelatihan, serta sebagai pencegah awal penyimpangan/ early warning system dalam penyelenggaraan administrasi dan pemecahan masalah untuk perbaikan sistem.” Ucap Irkomar.

“Kepada tim audit dan uji petik terhadap kegiatan pemeliharaan organik ranpur dan rantis serta pengelolaan Manset Korps Marinir TA. 2023, saya ucapkan selamat bekerja, laksanakan dengan pendekatan tugas dan kemitraan serta keterbukaan sehingga semua permasalahan yang ditemukan dapat di koordinasikan serta dicari solusi pemecahannya.” Pungkas Inspektur Korps Marinir (Irkormar).

Hadir pada kegiatan tersebut Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han.,Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Joni Sulitiawan, S.H., M.Han., para Asisten Danpasmar 1, para Dankolak Pasmar 1 serta tim audit dari Itkormar.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel