Kasau Resmikan Monumen Swa Bhuawana Paksa. Jejak Pengabdian Pesawat A-4 Skyhawk, Berdiri Gagah di Tebet Barat, Jakarta

Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, meresmikan monumen pesawat tempur TNI AU, A-4 Skyhawk di taman Tebet Barat, Jakarta Selatan, Selasa (24/20/2023).

Peresmian monumen pesawat, yang diberi nama “Monumen Swa Bhuwana Paksa”, ditandai dengan penandatanganan Prasasti, oleh Kasau.

Tujuan pembangunan monumen “Swa Bhuana Paksa”, di taman Tebet Barat, dengan pertimbangan untuk menginformasikan kepada masyarakat, jejak sejarah dan pengabdian pesawat A-4 Skyhawk selama menjadi kekuatan tempur TNI AU.

“Saya juga turut bangga dan merasa bersyukur, acara peresmian ini juga turut dihadiri oleh para senior dan para sesepuh penerbang dan awak pesawat A-4 Skyhawk,” ujar Kasau yang juga pernah menjadi penerbang pesawat A-4 Skyhawk di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hassanudin Makasar.

Menurut Kasau, momen ini juga merupakan kesempatan yang baik sebagai sarana silaturahmi di antara keluarga besar awak pesawat tempur A-4 Skyhawk.

Selama menjadi kekuatan tempur TNI AU antara 1980 s.d. 2004, pesawat A-4 Skyhawk telah mengukir tinta emas pengabdian dalam mengawal kedaulatan negara di udara. Pesawat A-4 Skyhawk dan para prajurit yang mengawakinya juga telah menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Pesawat A-4 Skyhawk turut berperan penting dalam berbagai operasi, yaitu operasi Seroja, operasi Sriti, operasi Jalak Sakti, operasi Halau dan operasi lainnya.

Monumen pesawat A-4 Skyhawk yang berlokasi di Tebet Barat Jakarta Selatan memiliki lokasi sangat strategis dan ramai dikunjungi masyarakat, sehingga sesuai dengan harapan agar masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia dapat mengenal lebih dekat sejarah pengabdian pesawat A4 skyhawk.

Diharapkan, kisah dan sejarah pengabdian para awaknya, dapat menjadi role model bagi generasi muda Angkatan Udara untuk senantiasa bekerja tanpa pamrih dalam setiap pengabdian dan tugasnya demi tegaknya kedaulatan negara di udara.

Kasau menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah DKI Jakarta serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Monumen A-4 Skyhawk.

“Saya optimis upaya bersama ini akan memberikan kontribusi yang positif bagi generasi bangsa Indonesia khususnya untuk masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya,” kata Kasau.

Turut hadir, Kasau ke-19 Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia, Kasau ke-20 Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna (keduanya juga penerbang A-4), Sekda Prov. DKI Joko Agus Setyono, S.E., M.M., Ak, CA, CSFA, ACPA, CPA, Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M., Para asisten Kasau, Pangkoopsud I, para kadis, Pejabat Tinggi di Lingkungan TNI AU, keluarga besar A-4 Skyhawk, serta Forkopimda DKI Jakarta.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel