TNI AU Bersama Kominfo dan PT Pos Launching 4 Prangko Pahlawan Nasional

Cakra101, Cilangkap, Jakarta Timur.- TNI AU (TNI Angkatan Udara), bersama dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dan PT Pos mengadakan launching atau peluncuran 4 prangko dengan tema Pahlawan Nasional TNI AU di Mabesau (Markas Besar Angkatan Udara), Cilangkap, Jakata Timur, Senin (4/12/2023).

Keempat wajah Pahlawan Nasional yang ditampilkan dalam keempat prangko tersebut, diantaranya adalah:

  1. Agustinus Adisutjipto
    Marsekal Muda TNI Anumerta Agustinus Adisutjipto adalah seorang pahlawan yang dikenal sebagai seorang penerbang yang di masanya telah berjasa dalam menerbangkan pesawat berbendera merah putih pertama di Yogyakarta, pada 27 Oktober 1945. Beliau gugur saat menerbangkan pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk Belanda dalam melaksanakan misi kemanusiaan pada 27 Oktober 1945.
    .
  2. Abdulrachman Saleh
    Marsekal Muda TNI Anumerta Abdulrachman Saleh adalah seorang pahlawan yang dikenal sebagai seseorang yang berjasa dalam menyiarkan berita proklamasi hingga ke luar negeri. Ia pun adalah seorang tokoh yang mendirikan Radio Republik Indonesia, Sekolah Teknik Udara, serta Sekolah Radio Udara bertempat di Malang. Beliau gugur bersama dengan Adisutjipto dalam melaksanakan misi kemanusiaan.
  3. Halim Perdanakusuma
    Marsekal Muda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma adalah seorang pahlawan yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan secara aktif mengembangkan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), terkhususnya di Bukittinggi. Beliau gugur ketika ia menjalankan misi untuk mendalami penjajakannya tentang pesawat dan sistem persenjataan. Pesawatnya jatuh disebabkan oleh cuaca buruk di Labuhan Bilik Besar antara Tanjung Hantu dan Teluk Senangin di Pantai Lumut, Malaysia.
  4. Iswahjudi
    Marsekal Pertama TNI Anumerta adalah seorang pahlawan yang dikenal sebagai seorang tokoh yang membuka relasi dengan negara lain demi kepentingan bangsa dan negara, dalam perihal mempertahankan kemerdekaan melalui pengadaan persenjataan dan bantuan. Beliau gugur bersama dengan Halim Perdanakusuma dalam menjalankan misi mereka.
Foto: Dok MC101

Mengenai keempat tokoh tersebut, dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengatakan, “Para pahlawan nasional memiliki peran yang sangat penting dalam menorehkan sejarah emas dan identitas jati diri bangsa. Perjuangan mereka sangat memberikan inspirasi dalam membangun semangat persatuan serta perjuangan kita bersama sebagai generasi penerus dalam mengisi kemerdekaan bangsa, dan juga menjadi fondasi dari dibangunnya suatu negara itu sendiri.”

Beliau juga menyampaikan bahwa sesungguhnya peresmian keempat prangko ini sudah diadakan sejak tanggal 10 November lalu, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional. Ia juga berpendapat bahwa dengan aksi ini, para pahlawan bisa diabadikan sebagai role model atau tokoh teladan bagi generasi muda Angkatan Udara. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa aksi peluncuran ini adalah salah satu bukti nyata penghargaan TNI AU terhadap para pendahulu yang telah berjasa dalam mendirikan serta mengukuhkan TNI dan negara sehingga bisa berdiri tegak dan memiliki citra profesional seperti yang dimiliki oleh TNI sekarang.

Menyambung apa yang disampaikan oleh Kasau, Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi juga menyampaikan bahwa penerbitan keempat prangko ini merupakan bentuk apresiasi nyata bagi para Pahlawan Nasional TNI AU. Ia mengatakan bahwa sudah seharusnya menjadi kebanggaan bagi seluruh pihak atas penerbitan prangko tersebut. Ia mengharapkan bahwa aksi ini dapat menjadi momentum pemacu semangat bagi seluruh prajurit TNI AU.

Foto: Dok MC101

“Untuk terus mengabdi dan berjuang, demi menjaga Dirgantara Nusantara,” pungkasnya.

Selain itu, Menkominfo juga menyampaikan bahwa perangko ini dirancang dengan kelengkapan digital yang apabila dipindai akan menampilkan latar belakang serta sejarah dari tokoh yang ditampilkan. “Prangko bertema pahlawan nasional TNI AU merupakan prangko yang diterapkan dengan penerapan prangko digital dan disematkan kode khusus yang dapat memberikan informasi lebih detail apabila dipindai atau diases melalui aplikasi secara digital,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata bagi keluarga keempat Pahlawan Nasional TNI AU, dan berlangsung hingga usainya, kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah dan sambung rasa antara Kasau dengan pemimpin redaksi dari beragam kelompok media pers.

Foto: Dok MC101

Hadir dalam acara, Kasau, Menkominfo, pejabat PT Pos, segenap pejabat Mabesau dan jajarannya, keluarga keempat pahlawan nasional, pemimpin redaksi dari beragam media pers, awak media, dan lain-lainnya.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel