Wadan Kormar Hadiri Peringatan Hari Dharma Samudera

Cakra101, Jakarta.- Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suherlan, menghadiri Upacara dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2024 yang digelar di atas geladak KRI Banda Aceh-593, yang bersandar di dermaga Komando Lintas Laut Militer, Jl. Pelabuhan Tanjung Priuk, Koja, Jakarta Utara, Senin (15/01/2024).

Dalam rangka mengenang perjuangan dan jasa para Pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laut Arafuru dilaksanakan Upacara Tabur Bunga di Laut yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla, upacara dilaksanakan sebagai wujud Penghormatan kepada para Pahlawan, Pejuang dan tokoh TNI Angkatan Laut yang telah mendharmabhaktikan jiwa raganya untuk kejayaan bangsa dan negara dalam peristiwa pertempuran laut yang terjadi setelah Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamasikan.

Foto: Dok Dispen Kormar

Dalam amanatnya Kasal mengatakan “kepada seluruh Prajurit Jalasena untuk dapat mengaktualisasikan nilai-nilai patriotisme, kejuangan, kepahlawanan, dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pahlawan, sebagai landasan utama dalam menjawab setiap tantangan yang semakin kompleks di era digitalisasi sekarang ini”.

Peringatan Hari Dharma Samudera bertujuan untuk mengenang sejumlah pertempuran laut yang dilakukan sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, dengan puncaknya pada pertempuran di Laut Arafuru tanggal 15 Januari 1962 yang menjadi coretan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Kata-kata penyemangat “Kobarkan Semangat Pertempuran”, yang digaungkan Komodor Yos Sudarso menggambarkan heroisme para Pahlawan sebagai pelopor dan semangat mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Turut hadir pada Upacara Peringatan ini, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama Ops Wilayah Barat dan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Angkatan Laut serta perwakilan dari Kepolisian Republik Indonesia.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel