“Gelar Pahlawan Bagi Bapak AURI: TNI AU Dan Pemprov Jabar Gelar Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Laksamana Udara R. Soerjadi Soerjadarma”

Cakra101, Bandung.- TNI Angkatan Udara berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Seminar Nasional pengusulan Laksamana Udara/Marsekal TNI (Purn) R. Soerjadi Soerjadarma sebagai Pahlawan Nasional dari Jawa Barat.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono P., S.I.P. mewakili Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. membuka secara resmi Seminar Nasional ini di Gedung Sate, Bandung, Senin (4/3/2024).

Laksamana Udara R. Soerjadi Soerjadarma adalah sosok pimpinan pertama sekaligus pendiri Angkatan Udara dan dinobatkan sebagai “Bapak AURI”.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Dibawah kepemimpinan Laksamana Udara R. Soerjadi Soerjadarma, Angkatan Udara Indonesia mampu memberikan dharma bakti terbaiknya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan tumbuh menjadi kekuatan yang disegani di Kawasan.

Kasau dalam keynote speechnya berharap seminar ini dapat menjadi wadah untuk mengingat jasa-jasa luar biasa dari para pendahulu, yang telah berjuang dengan gagah berani demi kepentingan bangsa dan negara.

Kasau mengatakan bahwa pengusulan gelar Pahlawan Nasional ini merupakan wujud penghormatan dari Negara, terhadap dedikasi, pengabdian dan darma bakti tokoh yang telah berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan Negara Republik Indonesia.

Sementara itu Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov. Jabar Bapak Dr. Dodo Suhendar, M.M. mewakili PJ. Gubernur Jabar, menyampaikan bahwa Laksamana Udara R. Soerjadi Soerjadarma sudah selayaknya diusulkan sebagai Pahlawan Nasional berkat kontribusi luar biasa beliau mempelopori TNI AU hingga menjadi kekuatan yang disegani di kawasan.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Seminar Nasional ini mengusung tema “Laksamana Udara/Marsekal TNI (Purn) R. Soerjadi Soerjadarma, Sosok Teladan dalam merintis dan membentuk Angkatan Udara di Masa Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Seminar ini hadirkan narasumber Kasau ke-14 Marsekal TNI ( Purn) Chappy Hakim, Sultan Kanoman XII Cirebon, KGA. Sultan Mochammad Saladin, Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Padjajaran Bapak Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., Ketua Departemen Ilmu Sejarah Universitas Andalas Bapak Dr. Zulqaiyyim, M.Hum., Dekan Fakultas Ilmu Sejarah Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Bapak Dr. Bondan Kanumoyoso, S.S., M.Hum dan Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran Bapak Prof. Muradi, M.Si., M.Sc., Ph.D

Turut hadir dalam seminar ini Irjenau, Koorsahli Kasau Para Asisten Kasau, Danseskoau, Kaskoopsudnas dan segenap pejabat TNI-Polri lainnya juga Forkopimda Jawa Barat juga perwakilan mahasiswa sejumlah Perguruan Tinggi, Pasis Sesko Angkatan, Pasis Sesko TNI dan Sespimen dan Sespimti.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel