Kota Semarang Banjir, Relawan Bolonemase Bergerak Membantu Evakuasi dan Membuka Dapur Umum

Cakra101, Kota Semarang.- Relawan Bolonemase Kota Semarang, pada hari Rabu, 13 Maret 2024, bergerak cepat membantu korban banjir di Kota Semarang  akibat hujan deras selama hampir 24 jam di sejumlah kelurahan kota Semarang yang menyebabkan akses jalan nasional sampai tidak bisa dilalui.

Salah satu upaya yang dilakukan para relawan Bolonemase adalah dengan terjun langsung di lokasi banjir dan membantu evakuasi dengan mengirim bantuan makanan serta membuat dapur umum yang dikelola oleh sekitar 50 anggota relawan, di Posko Barito, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

“Yang menyemangati seluruh relawan Bolonemase Kota Semarang untuk segera bertindak memberikan bantuan adalah rasa peduli dan cinta kami kepada seluruh warga Kota Semarang yang tertimpa musibah. Apalagi kalau kita mengingat bahwa saat ini  adalah bulan ramadhan, dan banyak warga yang menjalankan ibadah puasa. Kami berpikir bahwa penting untuk mencari bagaimana caranya agar warga di daerah bencana bisa melaksanakan sahur dan tidak kelaparan, serta dapat dikurangi ketegangannya,” tutur Fauzi Ardiansyah, Ketua Koordinator Bolonemase Kota Semarang yang turun lokasi bencana.

Video: Dok MC101

“Inilah kearifan dan budaya kepedulian teman-teman Bolonemase yang ditanamkan dalam setiap gerakannya seperti yang selalu diwejangkan dan dicontohkan oleh Mas Gibran dan Mas Kuwat, komandan-komandan kami. Dapur umum relawan Bolonemase Kota Semarang ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir sehingga mereka tidak mampu untuk memasak makanan di rumah. Jadi, ini bantuan pertama terpenting yang kita lakukan. Untuk tahap selanjutnya, kami mencatat bahwa mereka butuh obat-obatan, pakaian dan selimut. Kepada warga Kota Semarang, relawan Bolonemase memohon maaf sebab belum mampu untuk mengakomodasi semua korban banjir. Kami bersyukur dan yakin bahwa bantuan dari masyarakat luas akan terus mengalir. Bahkan Ketua Kornas Bolonemase, Kuwat Hermawan Santoso, dan Ketua Relawan Bocaeh Gibran Nusantara, Mas Yudha,  dari Solo, sangat antusias untuk membantu,” lanjut Fauzi.

Terhadap aksi ini, warga terdampak sangat mengapresiasi kepedulian relawan Bolonemase Kota Semarang, dan dapur umum dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. Angga, salah satu warga di Puri Anjasmaro menyampaikan rasa syukur atas kedatangan dan bantuan tim evakuasi dari Bolonemase Kota Semarang. “Belum ada satupun bantuan yang diterima selain dari Bolonemase. Alhamdulillah relawan Bolonemase merupakan kelompok relawan yang pertama kali membantu secara langsung untuk evakuasi warga, meski dalam cuaca hujan deras waktu sudah tengah malam, para relawan Bolonemase tetap datang dengan penuh semangat. Sungguh, kami merasa sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan evakuasi dan dapur umum dari Bolonemase ini. Terima kasih banyak, berkah dan sukses selalu untuk Bolonemase.

MC101 – W012

daniel

daniel

This will close in 20 seconds