Satgas Yonif 623 Bersama Pemda Kabupaten Maybrat Penanaman Perdana Tanaman Vanili

Cakra101, Maybrat.- Dansatgas Pamtas Kewilayah Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra bersama Korem 181/PVT dan Pemda Kabupaten Maybrat melakukan penanaman tanaman vanili perdana bertempat di belakang Kantor Pemda Maybrat, Kampung Faitmayaf, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (20/03/2024).

Diungkapkan Dansatgas, penanaman tanaman vanili perdana yang diselenggarakan oleh Pemda Kabupaten Maybrat bersama Korem 181/PVT bertujuan untuk memperkenalkan tanaman vanili kepada masyarakat Kabupaten Maybrat serta untuk meningkatkan pendapatan ekonomi.

“Adapun jumlah tanaman yang saat ini ditanama dalam luas lahan 1 Ha ± 1000 bibit pohon tanaman vanili yang didatangkan dari Kabupaten Minahasa Provinsi Manado sebagai bagian dari percontohan,” ungkap Dansatgas.

Dalam penanaman tanaman vanili akan di dampingin oleh tim pendamping dari Dinas Pertanian dan Pekebun Pemda Kabupaten Maybrat. Percontohan ini kita mulai di wilayah Aifat dan apabila berhasil maka kita akan kembangkan ke wilayah Aitinyo Raya dan Ayamaru Raya.

Harapannya agar masyarakat dapat mengenal tanaman vanili dan bukan hanya mengenal tetapi kita akan mendorong masyarakat Kabupaten Maybrat untuk membudidayakan tanaman ini sehingga bisa menghasilkan hasil yang baik dimana harga vanili saat ini cukup tinggi, serta pertumbuhan vanili ini selama satu tahun dengan tumbuhan menjalar.

Harga mentah vanili perkilo Rp. 500.000 apabila kering bisa mencapai Rp. 800.000 dan dalam satu pohon bisa menghasilkan 200 buah. Apabila kita memiliki 100 pohon vanili maka hasil yang diperoleh bisa mencapai Rp. 10.000.000 sekali panen dan tanaman vanili ini tidak diserang hama karena tanaman ini sangat kuat yang terpenting adalah tanaman ini harus ada air yang cukup.

Hadir dalam acara tersebut Brigjen TNI Totok Sutrisno S.Sos., M.M beserta Ibu dengan didampingi Para Kasi Rem 181/PVT (Danrem 181/PVT selaku Dankolakops), Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos. M.Si (Pj. Bupati Kab Maybrat), Letkol Mar A. Usman (Kadispotmar Lantamal XIV), Letkol Inf Yoanes Andi Wibowo beserta Ibu (Dandim 1809/Maybrat), Letkol Inf Andhika Ganessakti (Dansatgas 133/YS), Tomas Aitrem (Ketua DPRK Kabupaten Maybrat), Perdinandus Taa, S.H, M. Si (Sekda Kab. Maybrat), Dra Yohana Iek, M.Si (Asisten 1 Bidang Kesejahteraan Masyarakat Kab. Maybrat), Drs. Agustinus Saa, M. Si (Tokoh Intelektual Kab. Maybrat), Sony Bless (Tokoh Masyarakat Ayamaru) dan Para Pimpinan OPD Pemda Kab, Maybrat.

MC101 – (Yonif 623/BWU)

daniel

daniel