Pangdam Kasuari : Momen Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Menjadi Peluang Kuatkan Ukhuwah

Cakra101, Manokwari.- Kegiatan ini memiliki makna mendalam bagi seluruh umat Islam, karena ramadan selain bulan yang penuh dengan rahmat, juga merupakan waktu yang baik untuk memperbaiki diri, dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama umat manusia selain itu di tengah kesibukan dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasan, momen seperti ini menjadi peluang berharga untuk bersama-sama menguatkan ukhuwah diantara sesama.

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., pada sambutannya dalam rangka memperingati Nuzulul Quran yang dipadukan dengan menggelar acara buka puasa bersama di Masjid Istiqlal Kodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Kamis (4/4/2024).

Dalam acara yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan dan kedekatan antar prajurit, PNS serta Persit Kodam XVIII/Kasuari ini, dikatakan Pangdam bahwa silaturahmi yang erat di antara sesama umat manusia adalah amalan yang sangat dianjurkan, di tengah dinamika kehidupan yang terus berubah, menjaga tali persaudaraan merupakan keharusan.

“Bertepatan kita melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an, dimana kegiatan ini juga mengingatkan kita akan keagungan Al-qur’an sebagai pedoman hidup, sumber ilmu dan petunjuk bagi umat manusia dalam era yang serba cepat dan kompleks seperti saat ini, pesan-pesan yang terkandung didalamnya memberikan cahaya dan arah bagi setiap langkah yang kita ambil,” ujarnya.

Momen ramadan ini gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta memperbaiki diri untuk menjadi hamba yang berkualitas.

“Mari jadikan Al-qur’an sebagai sumber inspirasi dan pedoman dalam setiap tindakan kita, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam menjalankan tugas-tugas keprajuritan. Dikesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan bahwa tidak lama lagi saya akan menyerahkan jabatan Pangdam kepada pejabat baru, untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus atas kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah kalian tunjukkan selama saya menjabat sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, semoga kebersamaan dan kerja keras kita akan terus berlanjut di masa yang akan datang,” kata Pangdam.

Peringatan Nuzulul Quran sekaligus acara buka puasa bersama ini tampak seluruh anggota Kodam XVIII/Kasuari, termasuk Perwira, Bintara, dan Tamtama, PNS serta Persit Kodam XVIII/Kasuari berbaur dalam suasana kebersamaan dengan yang hangat dan penuh keakraban. Selain menikmati hidangan berbuka puasa, para peserta juga diberikan tausiyah singkat yang mengangkat nilai-nilai kebaikan dan keberkahan dalam menjalani ibadah puasa yang disampaikan oleh Ustad H. Ali Mustofa.

Di tengah kegiatan yang penuh berkah ini, Pangdam yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Kodam yang telah menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan pengabdian, serta mengimbau untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kekompakan dalam setiap tugas yang diemban.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel