Pangdam Kasuari Bersama Unsur Forkopimda Papua Barat Road Show Operasi Ketupat Mansinam 2024

Cakra101, Manokwari.- Dalam rangka mengontrol arus mudik serta mencegah terjadinya kecelakaan dan penghambatan terhadap proses lebaran yang dirayakan oleh masyarakat, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., bersama unsur Forkopimda Papua Barat, terjun langsung kelapangan melaksanakan Road Show Operasi Ketuapat Mansinam 2024, di sejumlah Pos Terpadu yang tersebar di wilayah Manokwari, pada Selasa (9/4/2024).

Sejumlah Pos Terpadu yang menjadi sasaran kunjungan kali ini diantaranya, Pos Terpadu depan Kantor Kejati PB, Pertigaan Sinar Suri, Lampu Merah H Bauw, dan Pelabuhan Manokwari.

Walaupun di guyur hujan, tampak Pangdam Kasuari bersama unsur Forkopimda Papua Barat lainnya melaksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan rasa tanggungjawab demi memastikan lancarnya pelayanan terhadap masyarakat yang akan melaksanakan lebaran di tahun 2024 ini.

Disela kunjungannya, Pangdam Kasuari menekankan kepada para petugas yang melayani saat itu terkait dengan pentingnya keamanan dan ketertiban selama masa libur panjang Idul Fitri ini.

“Ia menggarisbawahi komitmen TNI dalam hal ini Kodam XVIII/Kasuari untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua Barat, terutama dalam konteks perayaan Idul Fitri yang kerap diwarnai oleh arus mudik dan balik yang tinggi”.

“Kita harus memastikan bahwa masyarakat dapat merayakan Idul Fitri tahun ini dengan damai dan tenteram. TNI siap bersinergi dengan instansi terkait untuk menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik serta balik di wilayah Papua Barat,” ujar Pangdam.

Road Show Operasi Ketupat Mansinam 2024 melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI, Polri, Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lainnya. Selain memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas dan kesehatan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun sinergi antara berbagai pihak dalam menjaga keamanan selama libur panjang Idul Fitri.

Di samping itu, Pangdam Kasuari juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan kendaraan dengan standar keselamatan yang baik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Road Show Operasi Ketupat Mansinam 2024 akan terus dilaksanakan di berbagai titik strategis di Papua Barat guna menyebarkan pesan-pesan penting terkait keamanan, keselamatan, dan kesehatan kepada masyarakat jelang dan selama perayaan Idul Fitri. Dengan keterlibatan aktif Pangdam Kasuari dan seluruh elemen terkait, diharapkan libur panjang Idul Fitri dapat berjalan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat Papua Barat.

MC101- Pendam XVIII/Kasuari

daniel

daniel