Rakyat Kota Metropolitan Semarang Mencari Pemimpin

Cakra101, Kota Semarang.- Sebentar lagi masyarakat kota Semarang akan memiliki hajatan besar pilwalkot, pesta demokrasi lima tahunan. pesta rakyat untuk memilih pemimpin daerahnya.

Semarang adalah kota warna-warni yang dibangun oleh banyak sejarah, beragam bangunan bersejarah yang menjadi bukti dan saksi peradaban di ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang memiliki peran yang sangat vital sebagai kota administrasi dan perekonomian, kota jasa dan perdagangan yang terletak sangat strategis, di tepi pantai utara laut Jawa yang memiliki dampak sangat besar terhadap beberapa kota  penyangga yang ada disekitarnya. Dalam pelayanan pemerintah dan juga jantung bagi pelayaran international melalui pelabuhan tanjung emas, Kota Semarang hari ini telah tumbuh menjadi salah satu kota Metropolitan sebagai ibukota Provinsi Jawa tengah, tentunya dengan kondisi tersebut, Kota Semarang menjadi salah satu kota barometer dalam kontes politik, yang akan disorot dalam pilkada tahun 2024.

Inilah waktunya Kota Semarang berbenah dan berubah, Pilwalkot 2024 bukan lagi hanya soal kontes elektoral. Jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana Pilwalkot Semarang 2024 bisa melahirkan pemimpin yang punya gagasan besar untuk mengatasi berbagai persoalan kesulitan rakyat. Mulai dari kemiskinan, pengangguran, pembangunan infrastruktur, akses pendidikan dan kesehatan yang belum bisa dinikmati secara menyeluruh, termasuk kesenjangan sosial yang terus melebar, serta berbagai persoalan lainnya.
Dari berbagai kajian dan survei internal oleh relawan Bolonemase Kota Semarang, masyarakat dalam pilwalkot kota Semarang 2024  kali ini lebih menginginkan perubahan sosok calon pemimpin yang memiliki gagasan besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan lebih mengutamakan kearifan lokal dan mampu  mengeksplorasi sumber sumber potensi yang masih sangat besar potensialnya yang ada di Kota Semarang untuk dikembangkan menjadi lebih bermanfaat, dan juga sosok yang sudah sangat mengenal karakteristik masyarakat Kota Semarang. Tidak adalagi pemimpin yang dimunculkan dari popularitas semata, bukan pula pemimpin yang diciptakan oleh kesepakatan kepentingan dari koalisi-koalisi parpol, melainkan pemimpin yang muncul karena telah mengenal betul seluk-beluk, karakteristik, dan kearifan lokal, dari calon kota yang akan dipimpinnya. Maka calon pemimpin Kota Semarang ini haruslah orang yang berkarakter dan berpengalaman dalam manajemen pemerintahan serta yang memiliki ide dan gagasan yang besar untuk membawa perubahan Kota Semarang agar menjadi kota metropolitan yang lebih baik lagi sehingga dapat memberikan kontribusi dalam mensejahterakan warganya.

Meskipun gelaran pilwalkot Kota Semarang relatif masih lama, yaitu digelar serentak pada tanggal 27 November 2024, namun dinamika politik di Kota Semarang, walaupun pelan tapi pasti, sudah mulai muncul beberapa nama tokoh calon walikota Semarang. Sudah banyak diperbincangkan oleh warga masyarakat seperti Sekretaris Daerah Kota Semarang (Sekda) Bapak Iswar Aminudin, mewakili calon dari kalangan birokrasi/ASN yang telah cukup lama mengabdi dan pernah menjabat kepala dinas di lingkungan dinas Kota Semarang, sehingga beliau lebih dinilai warga sebagai salah satu kandidat yang telah mengenal betul seluk-beluk birokrasi pemerintahan, potensi, dan kearifan lokal masyarakat Kota Semarang. Ada juga tokoh masyarakat lain seperti AA Sukawijaya, Kriseptiana, dan Arnas Agung Andarara.

Pilkada atau pilwalkot merupakan bagian penting dari sistem demokrasi Indonesia, disinilah warga masyarakat dapat menggunakan hak yang dimiliki sepenuhnya untuk memilih secara langsung pemimpin lokal mereka, yang akan memainkan peran penting membentuk pemerintahan kota. partisipasi masyarakat kota Semarang dalam pilkada nanti akan sangat menentukan langkah kemajuan kota ini. Sebagai bagian dari masyarakat, relawan Bolonemase Kota Semarang berharap, semoga para calon walikota dan wakil walikota yang akan terpilih nantinya adalah putra-putra terbaik Kota Semarang yang akan mampu berperan sebagai pemimpin negarawan dan membawa kesejahteraan, kemajuan, kedamaian, dan keadilan bagi masyarakat Kota Semarang khususnya, dan Indonesia secara luas.

Semoga Allah SWT meridhoi dan membimbing para kandidat calon walikota dan calon wakilnya yang akan terpilih sehingga warga Kota Semarang tetap bersatu, bersaudara, tetap terjaga kehidupan yang bertoleransi dan bersama-sama bahu membahu membangun kesejahteraan warga Kota Semarang dan kemajuan Kota Semarang menjadi kota metropolitan yang lebih kuat dan bermartabat.

Foto: Dok MC101

MC101 – W012 / Fauzi Ardiansyah, SE., MSi.
(Ketua Koordinator Relawan Gibran Bolonemase Kota Semarang)

daniel

daniel