Kunker Dirkuad Ke Kudam XVIII/Kasuari : Tampung Aspirasi Atas Permasalahan Yang Mungkin Timbul

Cakra101, Manokwari.- Kunjungan kerja Dirkuad ke Kudam XVIII/Kasuari merupakan bagian dari program Pembinaan Satuan Keuangan TNI AD yang bertujuan mempererat tali silaturahmi dan berdialog secara langsung antara Pembina Korps Keuangan Angkatan Darat dengan seluruh anggota Kudam XVIII/Kasuari serta menampung aspirasi atas permasalahan yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan TNI AD (Dirkuad), Brigjen TNI Andi Tjarwandi, S.E., M.M., dalam sambutannya saat melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke satuan Kudam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (15/5/2024).

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

Dirkuad yang didampingi oleh Kasubditbinum Ditkuad, Kolonel Cku Agus Sugesti Sulistyawan melalui kesempatan ini berharap agar dalam setiap tugas berpegang teguh pada Motto CKU “Bersatu”.

“Bersih, Ekonomis, efektif, dan efisien, Religius, Solid/Kompak Satu Komando, Akuntabel dan adaptif, Tekun, teliti dengan dilandasi jiwa pantang menyerah, Unggul untuk menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas. Dimana dari hasil tersebut dilaksanakan guna mewujudkan visi dan misi Ditkuad ‘Menjadi Pengelola Keuangan TNI AD yang Modern, Profesional dan Akuntabel,” harapnya.

Ia menambahkan, Keuangan Angkatan Darat merupakan salah satu kecabangan yang berperan penting sebagai penyelenggara administrasi dalam pengelolaan Keuangan Negara dilingkungan TNI AD dan saat ini dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin kompleks dengan adanya dinamika peraturan keuangan, pengembangan organisasi TNI AD serta kemajuan teknologi informasi.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Menyikapi hal tersebut terdapat tiga pokok kebijakan Dirkuad, yaitu dalam bidang organisasi mengevaluasi organisasi Ditkuad dan jajarannya, bidang personel dengan pemenuhan kekuatan personel yang minimum, meningkatkan kompetensi personel, membuat laporan personel berdasarkan kualifikasi PPSPM dan BP, dan ketiga bidang piranti lunak akan dibuat secara sederhana, adaptif dan aplikatif,” pungkasnya.

Pada kesempatan ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kakudam beserta Paku jajarannya atas kinerja membantu Satker dalam penyusunan laporan keuangan sehingga memperoleh penilaian WTP dari BPK RI.

Sementara itu, Kakudam XVIII/Kasuari, Kolonel Cku Asmudi, dalam kesempatan ini menyambut baik kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Dirkuad dan menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan tata kelola keuangan yang baik di lingkungan Kudam XVIII/Kasuari.

“Kunjungan ini sangat penting bagi kami untuk memastikan bahwa setiap aspek keuangan dikelola dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami siap menerima masukan dan arahan dari Dirkuad untuk perbaikan yang berkelanjutan,” katanya.

Selain pertemuan resmi, kunjungan kerja Dirkuad juga mencakup peninjauan langsung ke satuan Kudam XVIII/Kasuari serta fasilitas yang dimilikinya. Hal ini bertujuan untuk melihat secara langsung implementasi kebijakan keuangan serta memberikan solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel