Meski Cuaca Mendung, JAT Tetap Tampil Memukau di MotoGP Mandalika 2022

CAKRA101, Mandalika- Enam pesawat Jupiter Aerobatik Team ((JAT) TNI AU tetap tampil memukau, meskipun kondisi cuaca kurang mendukung di wilayah sirkuit balap motor Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).

Terbang mengitari sirkuit Mandalika, JAT dengan enam pesawat jenis KT-1 Wong Bee hanya menampilkan lima manuver udara secara low show, dari 15 manuver udara yang direncanakan sebelumnya. Hal ini karena kondisi cuaca di Mandalika yang cenderung kurang membaik.


“Intensitas hujan meningkat dan visibility (jarak pandang) yang cenderung berkurang di wilayah Mandalika, sehingga tadi melaksanakan low show,” ujar Leader JAT Mayor Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo.

Tampil menggunakan pesawat jenis KT-1 Wong Bee, JAT mengawali penampilammya dengan manuver udara Arrowhead Pass sebanyak tiga kali untuk menyapa seluruh pengunjung dan peserta MotoGP Mandalika 2022 dengan terbang rendah menggunakan enam pesawat.

Setelah manuver Arrowhead Pass, JAT menampilkan manuver udara Eagle Pass dan Vulcan Pass tepat di atas lintasan Moto GP Mandalika 2022. selanjutnya, JAT memutuskan kembali ke Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, karena di Mandalika sudah mulai turun hujan dengan jarak pandang yang terus menurun.

Meskipun hanya menampilkan lima manuver udara, kehadiran JAT di Mandalika menjadi hiburan yang spektakuler bagi pengunjung dan peserta MotoGP Mandalika 2022.

Anton (26), Salah seorang pengunjung MotoGP Mandalika 2022 mengatakan kekagumannya atas manuver enam pesawat JAT saat tampil. Pemuda asal Lombok ini mengaku sering melihat penampilan JAT melalui youtube.

“Saya sering menonton JAT di Youtube, baru saat ini saya menyaksikan Jupiters secara langsung. Saya sangat kagum, ternyata nonton JAT secara langsung, kesannya berbeda saat saya menonton melalui Youtube, luar biasa,” ungkap Anton.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds