Dankormar : Mengelola Koperasi Perlu Jiwa Entrepreneur dan Manajemen Handal

CAKRA101, Jakarta- “Perlu disadari, bahwa dalam menjalankan pengabdian mengelola koperasi diperlukan suatu jiwa entrepreneur dan kemampuan manajemen bisnis yang handal dilandasi moralitas yang tinggi, kejujuran, transparan, akuntabel dan ketulusan yang mendahulukan kepentingan anggota dibandingkan kepentingan pribadi atau kelompok. Disamping itu setiap pengurus juga dituntut untuk bekerja keras dan tidak mudah menyerah dalam upaya memajukan koperasi, sehingga apa yang menjadi tujuan koperasi dapat terwujud. Pada kesempatan ini pula, saya menghimbau kepada seluruh jajaran Puskopalmar agar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen atau anggota dan keluarganya, sehingga akan terjalin pola kerja yang saling menguntungkan antara koperasi dan anggotanya. saya berharap ke depan untuk unit-unit usaha Puskopalmar akan terus maju serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi prajurit dan keluarganya,” ujar Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto ketika membuka Rapat Anggota Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas (RAPJ) ke 35 Tahun Buku (TB) 2021. RAPJ Pusat Koperasi Angkatan Laut Marinir (Puskopalmar) yang dilaksanakan di Ruang Rapat “The Commander Golf Driving Range” Jl. Raya KKO Cilandak Jakarta Selatan, Rabu (13/04/2022).

Selain itu Dankormar juga menyampaikan, “Kegiatan RAPJ ke 35 Tahun Buku 2021 ini merupakan forum kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk pertanggung jawaban para Pengurus dan Pengawas Puskopalmar kepada seluruh Anggota dalam melaksanakan Manajerial Koperasi selama satu Tahun Anggaran. Kita juga akan mengetahui bagaimana kinerja pengurus dalam upaya-upaya peningkatan usaha Puskopalmar sehingga memiliki nilai tambah dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya. Disamping itu pelaksanaan rapat ini juga merupakan wahana formal untuk menampung dan mewadahi ide serta aspirasi para anggota dalam mencari solusi terbaik untuk pemecahan masalah yang dihadapi, sekaligus dapat digunakan sebagai bahan masukan dan dapat dijadikan sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan dan langkah-langkah ke depan secara terencana dalam pembinaan dan pengembangan unit-unit usaha Puskopalmar.

Tema acara ini “ Melalui pemberdayaan Kopal, Kita wujudkan profesionalisme dan kinerja yang transparan dan akuntable guna meningkatkan kesejahtraan anggota Kopal”.

“Sehubungan dengan hal ini maka pemimpin Korps Marinir berupaya keras mewujudkan peningkatan kesejahteraan prajurit secara proporsional dan berkelanjutan, melalui upaya-upaya nyata dengan memberikan peran yang lebih besar kepada Puskopalmar. Namun, secara sadar kita harus akui bahwa kondisi perekonomian negara kita saat ini masih belum stabil, khususnya akibat dampak dari pandemi covid-19 dan langkanya minyak goreng yang ada di pasaran, terus naiknya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat yang tentunya berdampak kepada menurunnya daya beli serta kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan prajurit Korps Marinir pada khususnya. Untuk itu kehadiran koperasi di lingkungan Korps Marinir diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pemecahan di tengah-tengah situasi sekarang ini, sehingga prajurit akan mendapatkan keringanan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya guna memberikan kesejahteraan bagi para prajurit beserta keluarganya serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan organisasi,” ungkap Dankormar.

Hadir dalam agenda rapat tersebut antara lain Ketua Umum Induk Koperasi Angakatan Laut (Inkopal) Laksamana Muda TNI Djoko Erwan P., M.Tr., yang diwakili oleh Sahli Dankormar Kolonel Marinir Atam, Perwakilan dari Dekopinwil DKI Jakarta, Irkormar Kolonel Marinir Cecep Ruhiat, Dewan Pengawas yaitu Asisten Intelijen (Asintel) Dankormar Kolonel Marinir Ena Sulaksana, Asisten Personel (Aspers) Dankormar Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko, Asisten Staf Logistik (Aslog) Dankormar Kolonel Tri Subandiyana, Kepala Dinas Administrasi Dan Personel Korps Marinir (Kadisminpers Kormar) Letkol Marinir Prasetyo, Kepala Keuangan Wilayah Korps Marinir (Kakuwil Kormar) Kolonel Laut (S) Dedy, S.H., M.M., dan Kepala Dinas Hukum Korps Marinir (Kadiskum Kormar) Kolonel Laut (KH) Alim Gunawan, S.H, , Ketua Pusat Koperasi Angkatan Laut Marinir (Kepuskopalmar) Letkol Marinir Dasril, dan perwakilan Keprimkopalmar.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds