Komandan Korps Marinir Menghadiri Upacara Sertijab Tiga Jabatan Strategis TNI-AL

CAKRA101, Jakarta– Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto menghadiri upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Yang Dipimpin Oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Sunda Komplek Satuan Kapal Koarmada I, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/6/2022).

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono melantik tiga jabatan strategis di lingkungan TNI Angkatan Laut antara lain, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K sebagai Pangkoarmada RI menggantikan Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan, sedangkan jabatan Pangkoarmada II dari Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto digantikan oleh Laksamana Muda TNI T.S.N.B Hutabarat dan jabatan Komandan STTAL dari Laksamana Pertama TNI Avando Bastari digantikan oleh Kolonel Laut (E) Mukhlis.

Upacara sertijab diawali dengan simulasi pertempuran udara dengan mengerahkan berbagai Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) andalan prajurit matra laut, SSAT tersebut meliputi pesawat udara (pesud), tank amfibi, meriam, hingga kapal perang Republik Indonesia (KRI). Kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan, penyerahan pataka, penanggalan serta penyematan tanda jabatan, penyerahan tongkat integritas komando, dan penandatanganan pakta.

“Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi, prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini, sekaligus amanah untuk dijawab dengan prestasi yang lebih tinggi,” amanat Kepala Staf Angkatan Laut.

Pada kesempatan itu, KASAL juga berpesan kepada para prajurit untuk tidak mundur menjaga kedaulatan laut. Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan, membutuhkan angkatan laut yang mampu menjaga keamanan laut.

“Untuk itu kalian jaga kedaulatan negara dan tegakkan hukum di laut jangan pernah mundur, jangan pernah surut karena berita hoaks,” Pesan Orang Nomor Satu di TNI Angkatan Laut tersebut kepada seluruh Prajuritnya.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds