Uji Coba Runway Halim Perdanakusuma Jakarta, Pertengahan Juli 2022, Lanud Halim Perdanakusuma, Operasional Secara Terbatas

CAKRA101, Jakarta- Penerbangan pesawat militer dan VVIP/VIP mulai pertengahan Juli 2022, dapat melaksanakan take off dan landing di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Kepastian tersebut, terjawab setelah pelaksanaan uji coba runway Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (12/7/2022), yang ditinjau Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, S.I.P., M.Tr (Han).

Uji coba runway dilakukan dalam dua tahap, meliputi lepas landas dan mendarat, menggunakan pesawat khusus King Air 350i PK-CAP BBKFP. Pesawat sekaligus melakukan penerbangan di area wilayah Bekasi dan Depok Jawa Barat.

“Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP mulai besok (13 Juli 2022). Semoga September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial,” ungkap Menhub.

Sementara Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, S.I.P., M.Tr (Han). menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan pihak-pihak, yang telah mendukung pelaksanaan revitalisasi Laud Halim Perdanakusuma.

“Saya mewakili Kasau mengucapkan terima kasih kepasa bapak Presiden, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR dan semua yang terlibat dalam perbaikan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” ungkap Pangkoopsudnas.

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, hingga saat ini terus mengalami progres, yang meliputi perbaikan runway dan taxiway, serta peningkatan apron. Selanjutnya dilakukan perbaikan sistem drainase dan pengelolaan air, perbaikan terminal VVIP, serta penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan dengan revitalisasi.

Usai dilakukan revitalisasi, Bandara Halim ditargetkan dapat kembali digunakan untuk melayani penerbangan komersial mulai September 2022.

Langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Turut hadir dalam peninjauan, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., Sekjen Kemenhub dan staf khusus Menhub.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds