Kasau Dampingi Panglima TNI Tinjau Latgabma Super Garuda Shield 2022 di Palembang

CAKRA101, Palembang-  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2022, di kawasan bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Selasa (9/8/2022).

Di Palembang, peserta Latgabma SGS 2022, melaksanakan babakan Operasi Mobilitas Udara (OMU) berupa Airlanded Alutsista Hirain/Himars Rapid Infilration and C-Rain (Caesar Rapid Infiltration).

Latihan ini merupakan taktik operasi militer dalam rangka manuver satuan artileri medan untuk memberikan bantuan tembakan melalui Meriam Caesar, maupun Roket Himars yang dilakukan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara masing-masing negara.

Tim JTAC dan ARP mengontrol landing pesawat Hercules yang akan melaksanakan misi infiltrasi menuju ke daerah operasi di mandala operasi, yang membawa meriam 155 MM/GS Caesar dari satuan yonarmed 9/11 Kostrad.

OMU bertujuan mengangkut personel VVIP, Komando Kendali (kodal), memindahkan pasukan/personel, materiel dan logistik dari satu tempat ketempat yang lain dengan menggunakan wahana udara.

Latihan ini melibatkan dua pesawat Hercules, terdiri dari satu pesawat C-130HS TNI AU dari Skadrom Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan satu pesawat MC-130J dari 353 Special Ops Wing USMC, serta Meriam Caersar 155 MM Yonarmed 9/11 Kostrad TNI Angkatan Darat.

Latgabma SGS 2022 dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama dari pengalaman beberapa dekade negara peserta latihan. Selain itu juga menciptakan komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam suatu operasi bersama.

Pejabat TNI AU yang turut hadir, Pangkoopsudnas, Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han), Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M, Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan, S.A.P., M.Si, dan Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds