Elephant Walk Pesawat TNI AU, Bukan Sekadar Show of Force

CAKRA101, Jakarta –  Ada pemandangan unik pada gladi kotor demo udara Garuda Flight dan Nusantara Flight di apron selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Puluhan pesawat, terdiri dari F-16 TNI AU dan Helikopter TNI – Polri, nampak berderet rapi membentuk formasi Elephant Walk, di landasan pacu Halim Perdanakusuma.

Elephant Walk, istilah yg dipopulerkan USAF untuk menggambarkan iringan pesawat berbaris rapat menuju ladasan pacu sesaat sebelum take off.

Elephant Walk pesawat tempur F-16 TNI AU dan Helikopter TNI – Polri di Halim Perdanakusuma, bukan sekadar show of force, tapi dimaksudkan untuk menggambarkan kesiapan armada udara dalam pelaksanaan demo udara peringtan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Sebanyak 18 pesawat tempur F-16 dari skadron udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ambil bagian dalam Garuda Flight yang dipimpin Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira.

Sementara 12 Helikopter dengan komposisi 2 EC-725 Caracal Skd 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, 2 NAS-332 Superpuma Skd 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor, 2 AH Apache TNI AD, 2 Panther TNI AL, dan 2 AW-169 Polri dibawah pimpinan Ltk Pnb Emanuel Simarmata, ambil bagian dalam Nusantara Flight Giant Flag under Slung.

Pada pelaksanaan demo udara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2022, Garuda Flight akan tampil melintas di atas istana negara membentuk angka 77 dengan kecepatan 300 kta pada ketinggian 2000 ft.

Sementara Nusantara Flight, terbang pada ketinggian 200 ft membawa bendera merah putih ukuran raksasa seberat 1,3 ton.

daniel

daniel

This will close in 20 seconds