Kembali Kasad Mendapat Gelar Kehormatan Adat

CAKRA101, Kutai Kartanegara-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman kembali mendapatkan penganugerahan gelar adat kehormatan “Patih Kademangan” dari lembaga adat Kutai Kartanegara sebagai wujud penghormatan dari masyarakat adat Kutai atas kecintaan Kasad terhadap budaya nasional. Penganugerahan gelar ini diberikan usai acara penutupan program TMMD ke-114 di wilayah Kodim 0906/Tgr Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (24/8/2022).

Penganugerahan gelar kehormatan “Patih Kademangan Dudung Abdurachman” ditandai dengan penyematan peci khas Kutai dan Mandau Kuning oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Sultan Adji Muhammad Arifin. Masyarakat adat kutai menilai sosok Jenderal Dudung berhak atas gelar tersebut karena begitu besar perhatiannya terhadap budaya-budaya di Indonesia. Gelar kehormatan ini merupakan gelar ke-11 yang diterima Kasad selama berkunjung ke seluruh wilayah Indonesia.

Kebhinekaan budaya bangsa Indonesia merupakan warisan harta kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Kita semua harus mensyukuri dan bangga atas keberagaman budaya yang harus kita lestarikan agar tetap tumbuh untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Keberagaman budaya juga harus kita jaga agar tidak punah digerus budaya asing atau bahkan diakui dan dimiliki oleh bangsa lain.

Pada kesempatan tersebut Kasad menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat adat Kutai, “Terima kasih atas gelar adat yang diberikan kepada saya, semoga dengan pemberian gelar adat ini semakin memupuk kecintaan saya terhadap seluruh budaya nasional dari Sabang sampai Merauke,” tegasnya.

Usai acara penerimaan gelar adat, Kasad melanjutkan kegiatan dengan meninjau hasil sasaran fisik TMMD ke-114 didampingi oleh Irjenad, Aster Kasad, Asops Kasad, Pangdam VI/Mlw, Wagub Kaltim, Danrem 091/Asn dan Bupati Kutai Kartanegara.

MC101-Dispenad

daniel

daniel

This will close in 20 seconds