Serbuan Karya Bakti TNI Angkatan Laut di Teluk Awang Lombok Tengah Perbatasan NTB

CAKRA101, Lombok Tengah- TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan TNI AL Mataram melaksanakan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2022. Karbak Wiltas ini dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram Kolonel Laut (P) Djawara Whimbo. Kegiatan ini ditinjau langsung Sekretaris Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Sekdispotmaral) Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra mewakili Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS. S.T., S.Sos., M.M. , Kamis (01/09/2022) bertempat di Posyandu Bahari Desa Pemekaran Awang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Puncak acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis hasil Karya Bakti dari berupa renovasi Posyandu, renovasi rumah pintar dan renovasi tempat wudhu dan kamar mandi masjid kepada perangkat desa Pemekaran Awang, dan diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial bahan kontak berupa sembako kepada masyarakat.

Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS. S.T., S.Sos., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Sekdispotmaral Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra M.M.,CHRMP menyatakan, “Penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan TA 2022 TNI Angkatan Laut diharapkan dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan yang sulit dijangkau melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim dan kedepan desa Awang ini akan menjadi kampung bahari nusantara.”

Kegiatan Karbak ini merupakan upaya TNI AL dalam mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan laut dan pendukungnya secara dini sesuai Undang- undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas TNI Angkatan Laut, pasal 9 point e. yaitu “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut “

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Laut dalam mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam peningkatan sumber daya masyarakat pesisir dan hasil karya bhakti TNI Angkatan Laut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan desa Teluk Awang dan tentunya kegiatan ini diharapkan dapat terus berlangsung guna memperkokoh rasa kebersamaan, gotong royong, cinta tanah air, dan kesetiakawanan sosial masyarakat pesisir serta sebagai sarana mempererat kebersamaan TNI dan Polri serta stakeholder dengan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Kegiatan Karbak Wiltas dilaksanakan berdasarkan Direktif Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono, “Jalin Soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

Sehari sebelumnya Sekdispotmaral, bersama Danlanal telah melaksanakan peninjauan pada hasil kegiatan fisik renovasi posyandu, rumah pintar, kamar mandi dan tempat wudhu masjid, serta pembuatan bioflog ikan nila, di Desa Pemekaran Awang.

Selain di Lanal Mataram giat yang sama di laksanakan juga di Wilayah Kerja Lantamal VII Kupang dan kegiatan ini mencakup fisik dan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara dan ideologi Pancasila, kelautan dan perikanan, protokol kesehatan ,,dan bahaya Covid-19, virus cacar monyet, Penyuluhan tentang Stunting atau Gizi buruk pada Balita serta pelaksana Vasin Covid-19 diselenggarakan satu hari sebelum acara puncak karya bakti wilyah perbatasan bertempat di kantor administrasi pelabuhan perikanan teluk awang, Rabu (31/08/2022). Selain itu juga dilaksanakan pelatihan budi daya ikan nila di desa Mertak Awang, budi daya kepiting dan udang di perairan Teluk Awang serta temu tokoh adat masyarakat dan

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Kamri yang mewakili Bupati Lombok Tengah, stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar Desa Pemekaran Awang. TNI Angkatan Laut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, instansi terkait, Kepala Dusun, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, tokoh agama serta masyarakat yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Karya Bakti TNI AL hingga selesai tepat waktu dan berjalan dengan baik.

MC101-Pen Potmaral

daniel

daniel

This will close in 20 seconds