Membantu Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Perbatasan, Angkatan Laut Laksanakan Karya Bakti

CAKRA101, Kupang- TNI Angkatan Laut secara rutin melaksanakan kegiatan Karya Bakti di seluruh wilayah Indonesia. Pada pertengahan tahun ini dilaksanakan Karya Bakti Wilayah Pebatasan (Karbak Wiltas) di dua tempat yaitu wilayah Lombok pada pertengahan Agustus lalu dan di wilayah Kupang pada awal September 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat dan menumbuhkan jiwa kebersamaan untuk gotong royong. Hal ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. , “Bahwa kehadiran TNI Angkatan Laut baik personel maupun Kapal Republik Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) bisa memiliki manfaat positif bagi lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut ( Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS., S.T., S.Sos., M.M. selaku penanggung jawab kegiatan Karya Bakti Wilayah Perbatasan (Karbak Wiltas) Tahun Anggaran 2022 menjelaskan , “Kegiatan ini merupakan Program TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dispotmaral dengan sasaran daerah perbatasan RI atau daerah terluar yang strategis, dan rawan dari aspek pertahanan dan keamanan negara. Oleh sebab itu perlu mendapat perhatian khusus dalam hal pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat.”

Penyelenggaraan Karbak Wiltas diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di daerah yang memiliki ketahanan wilayah dalam menghadapi setiap hakikat ancaman dan terwujudnya semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan Rakyat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Awang Kabupaten Lombok tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 30 Agustus sampai dengan 1 September 2022 dan di Desa Sulamu Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 6 sampai dengan 8 September 2022.

Kegiatan Karya Bakti TNI AL Wilayah Perbatasan TA. 2022 mengambil tema “Melalui Karya Bakti Wilayah Perbatasan Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Daaerah dan Upaya Mempererat Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat dalam Rangka mendukung Pertahanan Negara menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Kegiatan ini ditutup secara resmi di desa Sulamu, kabupaten Kupang.

Acara penutupan dihadiri oleh Kadispotmaral, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, S.E., M.M., Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno, M.Si. beserta unsur Forkopimda, para Asisten Danlantamal VII, para Pejabat, Sipil, TNI, Polri wilayah kabupaten Kupang, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan. Pada kesempatan itu TNI Angkatan Laut menyerahkan bantuan kepada masyarakat desa Sulamu berupa 1 unit motor bak sampah yang diserahkan secara simbolis oleh Kadispotmaral dan mesin pencacah plastik yang secara simbolis diserahkan oleh Danlantamal VII Kupang.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan bersifat fisik meliputi renovasi tempat ibadah, rumah pintar, fasilitas umum, pembuatan tempat sampah dan pengolahan sampah, perbaikan tanggul penahan air laut dan suar navigasi. Sedangkan kegiatan yang bersifat non fisik meliputi pelayanan kesehatan berupa kesehatan umum, penyuluhan tentang “stunting”, bahaya covid 19 dan protokol kesehatan. Selain itu juga dilaksanakan penyuluhan dengan materi bela negara, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila, kelautan dan perikanan serta penyuluhan tentang wilayah perbatasan.

MC101-Pen Potmaral

daniel

daniel

This will close in 20 seconds