Tampil sebagai Keynote Speech, Kasau Sampaikan Empat Pengembangan Utama Dalam Pemanfaatan Ruang Angkasa

CAKRA101, Jakarta- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA menyampaikan ada empat sektor utama yang dikembangkan TNI AU secara signifikan dalam pemanfaatan ruang angkasa. Keempat hal tersebut meliputi pengembangan, Network Centric Warfare, Komando Siber, Pengintaian dan Kemampuan Komunikasi, serta kerjasama luar angkasa.

Hal tersebut disampaikan Kasau dalam keynote speech, pada Space Summit kegiatan Indo Defence 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Kamis (3/11/2022).

“Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara, saya telah menggarisbawahi sektor penting untuk dikembangkan secara signifikan dalam pemanfaatan ruang angkasa,” ujar Kasau.

Kasau mengatakan, saat ini Angkatan Udara dan instansi lainnya sedang membangun Network Centric Warfare. Menurut Kasau kerja sama ini, juga harus didukung oleh kapabilitas satelit yang mecakup seluruh nusantara.

Sementara pengembangan Komando Siber, smart weapon komunikasi, dan sistem navigasi juga akan bergantung pada satelit. Penggunakan satelit akan lebih efisien untuk membangun jaringan siber Angkatan Udara yang membutuhkan pengembangan lebih lanjut dalam kemampuan siber.

Sedangkan untuk mengembangkan Pengintaian dan Kemampuan Komunikasi, satelit menghasilkan data secara akurat untuk mendukung informasi. Ini akan sangat membantu dalam mengembangkan C5ISR TNI AU dan mengirimkan pesan darurat dengan instansi lain dalam mengantisipasi kemanan nasional.

“Yang tidak kalah penting adalah kerjasama luar angkasa, karena tidak ada batasan dalam domain angkasa, sehingga penting untuk berkolaborasi dan bekerjasama dengan badan antariksa lain untuk mengembangkan konsep dan strategi,” ungkap Kasau.

Kasau juga berbicara tentang ekplorasi luar angkasa yang diprakarsai oleh naluri keingintahuan manusia dan didorong oleh pesatnya perkembangan lmu pengetahuan dan teknologi. Di mana hal tersebut mendorong negara-negara berlomba untuk mengeksplorasi luar angkasa sejak satu abad yang lalu.

Melalui seminar, Kasau berharap dapat menambah wawasan yang bermanfaat dan membangun upaya bersama dalam mengembangkan kemampuan antariksa nasional masing-masing negara.

Kasau menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemangku kepentingan, para pembicara, pejabat Kementerian dan Lembaga, para pejabat sektor Pertahanan Indonesia, dan semua audiens yang hadir dan berkontribusi atas berlangsungnya seminar.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds