Sukseskan KTT G20, TNI AU Gelar Teknologi Modifikasi Cuaca di Wilayah Pulau Bali

Sukseskan KTT G20, TNI AU Gelar Teknologi Modifikasi Cuaca di Wilayah Pulau Bali

CAKRA101, Bali- TNI Angkatan Udara (TNI AU) bekerjasama dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN), Kemenko Marvest dan BMKG melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), di wilayah pulau Bali, tempat diselenggaraannya KTT G20, Senin (14/11/2022).

Selama gelaran KTT G20, TNI AU menyiagakan 4 pesawat C-212 Cassa Skadron Udara 4 Lanud Abd. Saleh Malang. Pesawat disiagakan di dua posko TMC, yaitu satu pesawat di Posko Banyuwangi Jawa Timur dan tiga pesawat di Posko Lombok.

Komandan Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh, Mayor Pnb Deharday Nugraha, S.Kom yang memimpin operasi TMC mengatakan, TMC bertujuan untuk merekayasa cuaca agar tidak terjadi turun hujan di lokasi pelaksanaan KTT G20 Bali. Operasi TMC dengan melakukan penyemaian terhadap awan yang berpotensi terjadinya hujan.

“Apabila kami mendapat informasi adanya gumpalan awan mendekati wilayah kegiatan G20, maka pesawat diterbangkan melakukan TMC, untuk mencegah tidak terjadinya hujan di lokasi G20. Pesawat membawa bahan penyemaian 800 Kg setiap satu kali penyemaian,” ujar Danskadron Udara 4.

Ditambahkannya, mengingat sebagian besar kegiatan G20 berlangsung di luar ruangan (Outdoor), maka perlu diantisipasi agar tidak turun hujan di lokasi tersebut.

MC101-Dispenau