Palaga Bagikan Sembako dan Tanam Pohon Mangrove

Palaga Bagikan Sembako dan Tanam Pohon Mangrove

CAKRA101, Tanjung Pasir- Alumni Sepamilwa ABRI Gelombang I TA 1992/1993 (Palaga) melaksanakan kegiatan Karya bakti dengan menanam ratusan pohon Mangrove di Pantai Tanjung Pasir dan membagi ratusan paket sembako kepada masyarakat DesaTanjung Pasir, Sabtu (26/11).

Ketua Panitia Reuni 30 Tahun Sepamilwa ABRI TA 1992/1993 Letnan Kolonel CPM I Putu Berata Wiguna SH., M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud ucapan syukur karena alumni Palaga telah memasuki pengabdiannya kepada bangsa dan negara yang ke- 30 tahun. Wujud syukur tersebut dengan melaksanakan beberapa kegiatan yaitu penanaman pohon mangrove dan membagi paket sembako kepada warga Tanjung Pasir Teluk Naga.

Selain itu, Palaga juga akan menyelenggarakan kegiatan sunatan massal. Harapannya, yaitu semoga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Palaga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan sedikit dapat meringankan beban warga yang memang membutuhkan, tambahnya.

Pohon mangrove menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dilakukan oleh Palaga mengingat fungsinya bagi kehidupan manusia, yaitu dapat menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai, penyerap gas karbon dioksida, penghasil oksigen dan menjadi tempat hidup biota laut. Hutan mangrove juga bermanfaat untuk membuat air laut menjadi bersih, memelihara kehidupan padang lamun, terumbu karang, menjaga pinggir pantai dari erosi, membuat rantai makanan di ekosistem laut dan sekitarnya, tempat berlindungnya ikan-ikan kecil dan banyak manfaat lainnya dari pohon mangrove.
Ucapan terimakasih Palaga juga disampaikan oleh Ketua Panitia kepada Ibu Dewi perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup yang telah membantu bibit pohon mangrove dan menyiapkan lahan untuk menanamnya.

Setelah melaksanakan penanaman pohon mangrove, Palaga membagikan paket sembako kepada warga sekitar. Ratusan bantuan paket sembako yang diberikan berisi; beras, minyak goreng, gula, kopi, teh, ikan kaleng, kecap dan makanan ringan lainnya.

Ikatan Alumni Sepamilwa ABRI Gelombang I TA 1992/1993 terdiri dari matra darat laut dan udara ini dibentuk sebagai wadah untuk mempererat jalinan silaturrahmi dan mengembangkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan tolong menolong antara sesama alumni beserta keluarganya, serta membangun komitmen bersama untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara.

Kegiatan penanaman pohon dan pembagian sembako tersebut, diikuti oeh para alumni Palaga; Mayjen TNI dr. Nyoto Widya Astoro, Sp.PD-KHOM, Finasim, MH, Brigjen TNI Purn Kemas Ahmad Yani Yulianto, SH, M.Hum dan dihadiri pula oleh aparat di wilayah Desa Tanjung Pasir Teluk Naga.

MC101-Sepamilwa ABRI92/93