Meriahkan Hari Nusantara 2022, TNI AU Tampilkan Demo Udara Pesawat Tempur, Terjun Payung dan Paramotor

Meriahkan Hari Nusantara 2022, TNI AU Tampilkan Demo Udara Pesawat Tempur, Terjun Payung dan Paramotor

CAKRA101, Wakatobi-  Puncak peringatan Hari Nusantara tahun 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara dimeriahkan dengan sejumlah demo udara, mulai dari atraksi pesawat tempur Sukhoi SU-27/30MK, terjun payung dan juga Paramotor TNI AU, Selasa (13/12/2022).

Empat pesawat tempur Sukhoi dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar, dengan call sign flanker flight melaksanakan fly past sebanyak empat kali di atas Dermaga Pantai Marina, membentuk formasi huruf “W” sebagai simbol salam Wakatobi. Satu pesawat Sukhoi SU-30 MK juga melaksanakan terbang Solo mengeluarkan chaff flare.

Sementara 24 prajurit TNI terdiri dari 10 prajurit Kopasgat TNI AU dan 14 prajurit Kopaska TNI AL melaksanakan Terjun Payung menggunakan pesawat CN-235. Seluruh peterjun mendarat di lapangan Pantai Marina Wakatobi.

Demo udara yang juga menarik perhatian pengunjung pada event tahunan ini adalah atraksi Paramotor TNI AU yang melaksanakan terbang formasi mengitari Pantai Marina Wakatobi. Paramotor juga membawa bendera Swa Bhuwana Paksa dan Bendera Hari Nusantara.

Puncak Hari Nusantara dimeriahkan dengan sailing Past sejumlah Kapal TNI AL yang melibatkan 3 divisi dan 8 KRI, serta ratusan perahu nelayan turut mengikuti parade tersebut. Selain itu juga ditampilkan berbagai pertunjukan seni budaya Wakatobi.

Hari Nusantara 2022 mengangkat tema “Ekonomi Biru untuk Indonesia Lebih Kuat”.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Investasi/BKPM selaku Ketua Pelaksana Pusat, Bahlil Lahadalia, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, dan Bupati Wakatobi, Haliana. Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, turut hadir dengan memberikan sambutan secara virtual.

MC101-Dispenau