Kunjungi Muspusdirla, Wapres RI : Museumnya Bagus dan Luar Biasa

Kunjungi Muspusdirla, Wapres RI : Museumnya Bagus dan Luar Biasa

CAKRA101, Yogyakarta- Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Selama di Muspusdirla, Wapres RI didampingi Kepala Muspurdirla Kolonel Sus Yuto Nugroho, sekaligus mendapat penjelasan tentang koleksi Muspusdirla.

Wapres RI menyampaikan apresiasi dan kekagumannya terhadap Muspusdirla. Selain bersih, menurut Wapres RI, koleksinya juga bagus dan luar biasa.

“Museum luar biasa, koleksi-koleksinya menggambarkan perjuangan para pendahulu dalam rangka menjaga NKRI” ungkap Wapres.

Selama mengunjungi Muspusdirla, Wapres RI dipandu Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho. Turut mendampingi, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Azhar Aditama.

Kepada Wapres RI, Kamuspusdirla menyampaikan, Muspusdirla memamerkan ribuan koleksi, termasuk 61 pesawat terbang produksi dari berbagai negara, yang di masa operasionalnya digunakan Angkatan Udara untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjaga wilayah NKRI.

“Muspusdirla juga dikenal dengan Museum Pesawat Terbang, karena memiliki 61 unit pesawat, yang kesemuanya memiliki cerita sendiri-sendiri dalam menjaga NKRI,” jelas Kamuspusdirla.

Di Muspusdirla, lanjut Kamuspusdirla, juga dipamerkan pesawat Helikopter Hiller-360 UH, yang merupakan helikopter pertama yang dimiliki Indonesia. Helikopter Hiller -360 UH merupakan pesawat Kepresidenan, yang dulu pernah digunakan Presiden Soekarno.

“Presiden Soekarno tercatat sebagai presiden pertama di dunia yang memiliki helikopter kepresidenan. Presiden Soekarno juga merupakan presiden pertama yang pernah naik pesawat helikopter. Sementara Ibu Fatmawati menjadi first lady pertama di dunia, yang merasakan terbang dengan helikopter. Presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower baru mempunyai helikopter kepresidenan enam tahun kemudian,” terang Kamuspusdirla.

Kunjungan Wapres RI diakhiri dengan pengisian buku tamu dan foto bersama.

MC101-Dispenau