Kopasgat Pertahankan Gelar Juara Umum Antar Satuan TNI AU

CAKRA101, Jakarta – Tim menembak Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) sukses mempertahankan gelar juara umum lomba menembak Kasau Cup 2023 kategori Lomba Antar Satuan TNI AU. Kopasgat meraih 6 medali emas, 4 Perak dan 1 Perunggu, dengan total skor 31, mengungguli 11 tim satuan TNI AU lainnya dan berhak menerima Piala bergilir Kasau Cup.

Piala bergilir diserahkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA kepada Dankopasgat, Marsda TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko pada acara penutupan Kasau Cup 2023 di Lapangan Tembak Djamsuri Wing Komando 1 Kopasgat, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

Dalam sambutannya, Kasau menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Kejurnas menembak Kasau Cup 2023 yang berlangsung dari tanggal 1-7 Mei 2023 di Lapangan Tembak Djamsuri Wing Komando 1 Kopasgat dan di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

“Selaku pimpinan TNI AU saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada segenap panitia Kasau Cup 2023, atas terselenggaranya seluruh rangkaian kejuaraan menembak ini dengan baik,” ujar Kasau.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Kasau kepada seluruh peserta lomba kejurnas dan peserta menembak eksekutif yang telah berpartisipasi pada kejuaran yang digelar dalam rangka HUT ke-77 TNI AU tersebut.

Kasau berharap, event kejurnas ini dapat menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi sesama petembak, sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan menembak di antara para peserta.

Sebelum penutupan, dilaksanakan lomba menembak pistol eksekutif 20 Meter kategori Pati Non Optik, menembak pistol eksekutif 20 Meter kategori Pati Optik dan menembak pistol eksekutif 20 Meter kategori Sipil, serta Duel Falling Plate.

Menembak pistol eksekutif 20 Meter kategori Pati optik, juara pertama Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko, juara kedua Dansesko TNI Marsdya TNI Kusworo dan juara ketiga Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Harjono. Menembak pistol eksekutif 20 Meter kategori Pati Non Optik juara pertama Pa Sahli Tingkat II Kam Konflik Komunal TNI Brigjen TNI Edi Nurhabad, S.H., M.H, juara kedua Staf Khusus Dankorp Brimob Kombes Pol Yudho Nugroho dan juara ketiga Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto.

Sementara pada menembak pistol eksekutif 20 meter kategori Sipil, juara 1 Kasetpres RI Heru Budi Hartono, juara kedua Pimpinan VII BPK RI Hendra Susanto dan juara ketiga Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo.

Sedangkan Duel Falling Plate kategori Pati dimenangkan oleh Dankopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko, juara kedua Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Hari Mursanto dan Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Harjono sebagai juara ketiga. Kategori Sipil dimenangkan oleh Kasetpres RI Heru Budi Hartono, juara kedua Pimpinan VII BPK RI Hendra Susanto dan juara ketiga Pimpinan I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana.

Hari terakhir Kejurnas Kasau Cup 2023 juga menyelesaikan 25M Air Rifle Benchrest Heavy Varmint Student (18 age), yang dimenangkan oleh Anjani Salma Ristiawan dari Sancang SC Garut dan meraih medali emas, medali perak Rafi Irsyad Prayogo dari ASC Kab. Bekasi dan mendali perunggu Jesicca Claudya Salawati dari Black Hawk SC.

Pada Result Multi Range PCP 18-41 Meter Individu medali emas diraih oleh Indra Yanuar dari Jingga ASC, Perak oleh Aurellia Casanda dari Depok dan Perunggu oleh Putri Nur Auli Mulyasari dari Pandegelang. 41M Air rifle Benchrest medali emas direbut oleh Agus. S dari Paraduta SC, perak oleh Agus Dom B3SC Bandung dan perak oleh Acoy dari exatc Jakarta.

Kejurnas Kasau Cup 2023 dengan tema “Semangat dalam Berlomba, Tunjukkan Prestasi Sang Juara” diikuti oleh 1.503 peserta dari atlet TNI/Polri dan atlet menembak dari berbagai daerah di Indonesia.

Hadir saat penutupan, Ketua DPR RI, Kasetpres RI, sejumlah pejabat BPK RI, Sekjen Kemhan RI, Pejabat Bea dan Cukai Pusat, dan sejumlah pejabat lainnya. Sementara dari TNI/TNI AU hadir Dansesko TNI Marsdya TNI Kusworo, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, Dankodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalihadi, Danjen Kopassus, Danpasmar, para Asisten Kasau dan para pejabat TNI/TNI AU lainnya.

MC101-Dispenau

daniel

daniel