Korps Marinir TNI AL dan US Marforpac Latihan Pertempuran Hutan

Cakra101, Sukabumi.- Para prajurit dari Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corps (USMC) dari The U.S. Marine Corps Forces, Pacific (Marforpac) berlatih pertempuran hutan dalam Latihan Bersama (Latma) Keris Marine Exercise (Marex) di hutan Puslatpurmar 6 Antralina, Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).

Pada materi kali ini prajurit Korps Marinir kedua negara tersebut berlatih patroli hutan atau Jungle Patrol. Materi diawali dengan pelajaran kelas lapangan yang disampaikan oleh para instruktur dari Puslatpurmar 6 Antralina dan dilanjutkan dengan drill lapangan patroli hutan.

Pada drill Jungle Patrol ini disimulasikan prajurit Korps Marinir dari kedua negara tersebut melaksanakan patroli gabungan di hutan tropis yang ada di Indonesia dan mendapatkan gangguan tembakan dari musuh. Dari drill Jungle Survival tersebut diharapkan para prajurit dari kedua negara tersebut dapat berkomunikasi dan bekerja sama yang baik untuk menghadapi gangguan musuh tersebut.

Sementara itu, Danyonif 4 Marinir Letkol Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago selaku Dansatgas Latma Keris Marex Tahun 2023 mengatakan bahwa latihan ini akan sangat berguna bagi prajurit Korps Marinir kedua negara menghadapi perkembangan situasi global saat ini.

“Latihan ini juga bertujuan untuk berbagi teknik dan taktik dalam melaksanakan patroli tempur, khususnya pada materi Jungle Patrol,” jelas Letkol Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago.

daniel

daniel