Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific (Danjen USARPAC), General Charles A. Flynn, di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Senin (22/4/2024).

Kedatangan Danjen USARPAC tersebut disambut dengan upacara militer serta pemeriksaaan pasukan, dan dilanjutkan dengan Courtesy Call. Adapun tujuan dari kunjungan kehormatan ini adalah untuk meningkatkan kerja sama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya dalam rangka menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, keduanya membahas tentang kerja sama pertukaran peserta pendidikan, alih pengetahuan dan teknologi, latihan bersama, serta upaya kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan pertahanan kedua negara.

Kasad menyambut baik wacana yang dikemukakan Danjen USARPAC, serta menyatakan pula komitmen TNI AD untuk memperdalam kerja sama di bidang militer. Courtesy Call ini sejatinya juga menandai kesinambungan serta kuatnya hubungan diantara kedua negara, dalam memperkuat ketahanan regional, bahkan global.

Foto: Dok Dispenad

Senada dengan Kasad, General Charles A. Flynn juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang terjalin antara kedua negara dan menekankan akan pentingnya kerja sama lintas batas untuk menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan. Ia juga sangat menghargai hubungan erat dengan Indonesia dan berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama militer, khususnya dengan TNI AD.

Di akhir Courtesy Call, Kasad dan Danjen USARPAC saling bertukar cendera mata sebagai tanda persahabatan.

MC101 – Dispenad

daniel

daniel