TMMD Ke-121 Kodim 1801/Manokwari, Percepat Pembangunan Infrastruktur dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Cakra101, Manokwari.- Demi mempercepat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah terpencil. Kodim 1801/Manokwari menyelenggarakan Upacara Pembukaan TMMD Ke-121 Tahun 2024 di Lapangan Kampung Kwai Distrik Mokwan, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (24/7/2024).

Upacara Pembukaan TMMD ke-121 ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indouw, S.IP.M.H yang didampingi Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Agus Prihanto Donny.,S.Sos. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kafasharkan TNI AL Manokwari, Bupati Pegunungan Arfak, Kepala Satpol PP, Kepala Distrik Mokwam, Kepala Kampung Kwau, Para ASN Pemda serta peserta yang terdiri dari Kodim 1801/Manokwari, Yonif 761/KA, Yon Zipur, Fasharkan TNI AL, Satpol PP, Komcad, FKPPI dan masyarakat.

Dalam amanatnya, Hermus Indouw, S.IP.M.H menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1801/Manokwari dan Pemerintah Daerah telah berkontribusi hingga terselenggaranya kegiatan TMMD Ke-121 di Kampung Kwau.

Ia juga menambahkan, dengan mengusung tema “Dharma Bakti TNI Manunggal Membangun Desa Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”.

Kegiatan positif ini dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota dengan sistem Bottom Planning meliputi sasaran fisik dan non fisik yang strategis dan menyentuh pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang berada di lokasi TMMD.

“TMMD ini bukan semata-mata pembangunan sarana fisik bagi masyarakat kampung saja, lebih dari itu untuk membangunkan semangat dan kemandirian untuk mengelola potensi yang ada di wilayah tersebut. Semoga apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manokwari terlebih khusus di Kampung Kwau,” tutupnya.

Sementara itu, Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Agus Prihanto Donny.,S.Sos. menuturkan bahwa Program TMMD Ke-121 ini diantaranya kegiatan sasaran fisik meliputi pembangunan 5 unit rumah masyarakat tipe “42”, Pembangunan Gapura 2 Unit, pembuatan Jalan sepanjang 400 meter dan pembukaan Lahan Kopi 2 Hektar.

Sedangkan non fisik meliputi penyuluhan Wasbang, Kesehatan, Penyuluhan Pertanian, Kamtibmas dan stunting. Adapun kegiatan tambahannya yaitu Pembuatan Lapangan Volli, Pembuatan Rumah Baca dan sumur Bor 3 titik.

Usai kegiatan upacara pembukaan, Bupati Manokwari dan Dandim 1801/Manokwari beserta rombongan melanjutkan kegiatan penanaman bibit Pohon Kopi dan peletakan Batu Pertama di lokasi pembangunan rumah.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel