Sail Tidore 2022, Unsur-unsur Demo Udara TNI AU, Memulai Geladi Bersih di Pantai Tugulufa Tidore

Sail Tidore 2022, Unsur-unsur Demo Udara TNI AU, Memulai Geladi Bersih di Pantai Tugulufa Tidore

CAKRA101, Tidore- Seluruh unsur demo udara TNI AU yang akan memeriahkan pergelaran Sail Tidore 2022, memulai kegiatan Geladi Bersih, di Pantai Tugulufa, Tidore, Kamis (24/11/2022).

Unsur demo udara TNI AU, meliputi 4 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano, pesawat CN-235, Terjun Payung dan Paramotor.

Empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano yang didatangkan dari Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh, dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 21, Letkol Pnb Shandra Gunawan.

Ke-empat pesawat dengan call sign Tucano Flight, melaksanakan fly past pada ketinggian 300-500 Feets melintas sebanyak empat kali membentuk Box Formation tepat di depan podium utama.

Geladi bersih demonstrasi udara dilanjutkan dengan terjun payung Free Fall oleh 30 peterjun dari prajurit Kopasgat TNI AU dan Marinir TNI AL. Penerjunan menggunakan pesawat CN-235 dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua, Papua. Pesawat CN-235 dengan call sign Cendrawasih Flight diawaki oleh Kapten Pnb Enggal dan Lettu Pnb Franklyn. Cendrawasih Flight melaksanakan penerjunan sebanyak dua kali dalam satu sortie penerbangan, masing-masing 14 penerjun dan 16 penerjun. Para peterjun mendarat dengan tepat di tiga tempat, yakni di KRI dr. Soeharso, di Ponton dan di pantai Tugulufa.

Sementara tim Paramotor TNI AU terbang setiap hari di Pantai Tugulufa dan mengitari kota Tidore dan Ternate sebagai ajang sosialisasi Sail Tidore 2022.

Sebelumnya, geladi bersih didahului demonstrasi Sailing Past oleh puluhan kapal nelayan, Kapal Negara Basarnas, Kapal Negara Bakamla dan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia, serta sejumlah helikopter TNI AL dan Basarnas.

Geladi Bersih juga diramaikan dengan pertujukan budaya Tidore, diantaranya tarian kolosal Moro-moro dan Kabata, tarian Dana dana, tarian Tidore Majang, serta paduan suara lagu nasional dan lagu khas Tidore.

Sail Tidore 2022 akan berlangsung pada tanggal 24-29 November 2022, mengangkat tema “Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa”.

MC101-Dispenau