Demo Udara TNI AU Semarakkan Acara Puncak Sail Tidore 2022

CAKRA101, Tidore- Tim demo udara TNI AU yang dipimpin Waaspotdirga Kasau, Marsma TNI Tyas Nuradi tampil sempurna dalam puncak Sail Tidore 2022, yang dipusatkan di pantai Tugulufa, Tidore, Maluku Utara, Sabtu, (26/11/2022).

Unsur demo udara TNI AU, meliputi 4 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano, Terjun Payung free fall dan Paramotor.

Empat pesawat tempur EMB-314 Super Tucano yang didatangkan dari Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh, dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 21, Letkol Pnb Shandra Gunawan take off dari Lanud Samratulangi Manado.

Ke-empat pesawat dengan call sign Tucano Flight, melaksanakan fly past pada ketinggian 300-500 Feets melintas sebanyak empat kali membentuk Box Formation tepat di depan podium utama.

Demonstrasi udara diawali dengan terjun payung Free Fall oleh 30 peterjun dari prajurit Kopasgat TNI AU dan Marinir TNI AL. Penerjunan menggunakan pesawat CN-235 dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua, Papua. Pesawat CN-235 dengan call sign Cendrawasih Flight diawaki oleh Danskadron Udara 27 Letkol Pnb Fathir dan Lettu Pnb Franklyn. Cendrawasih Flight melaksanakan penerjunan sebanyak dua kali dalam satu sortie penerbangan, masing-masing 14 penerjun dan 16 penerjun. Para peterjun mendarat dengan tepat di tiga lokasi, yakni di KRI dr. Soeharso, di Ponton dan pantai Tugulufa.

Sementara tim Paramotor TNI AU terbang sebelum acara puncak Sail Tidore dimulai. Selama 3 jam, 5 Paramotor TNI AU terbang menghibur pengunjung dengan terbang manuver dan terbang formasi di sepanjang pantai Tugulufa.

Acara puncak Sail Tidore 2022 diawali dengan pertunjukan seni budaya dan Sailing Past puluhan kapal nelayan, Kapal Negara Basarnas, Kapal Negara Bakamla dan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia, serta sejumlah helikopter TNI AL dan Basarnas.

Hadir pada acara puncak Sail Tidore 2022 sejumlah pejabat TNI AU, yaitu Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, Pangkoopsud III Marsda TNI Age Wiraksono, Waaspotdirga Kasau Marsma TNI Tyas Nur adi, Irkoopsud II Marsma Eduard Sri Wisnu Murendro, Aspotdirga Kaskoopsudnas Marsma TNI Umar Faturahman dan Danlanud Leo Watimena Kolonel Pnb Tubagus Hasan. serta pejabat TNI lainnya.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds