Jabatan Panglima TNI Diserahterimakan

Jabatan Panglima TNI Diserahterimakan

CAKRA101, Jakarta- Jabatan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) diserahterimakan dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam upacara militer yang digelar di lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Serah terima jabatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tanggal 19 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Dimana Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT dari Ny. Hetty Andika Perkasa kepada Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono, sekaligus pengangkatan Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono sebagai Ibu Asuh Wanita TNI Raksa Tri Anggana Tantri yang ditandai dengan penyematan PIN Emas Dharma Pertiwi dan IKKT PWA.

Pada upacara tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa menyerahkan Panji-Panji (Tri Dharma Eka Karma) TNI kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan selanjutnya keduanya menandatangani berita acara serah terima.

Bertindak selaku Komandan Upacara serah terima yaitu, Kolonel Pnb Agni Prayoga, S.E (Lulusan Akademi AU 1998), yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sanjaja Bogor. Pasukan Upacara terdiri dari enam SSK (Satuan Setingkat Kompi) yaitu, SSK I Pasukan Polisi Militer TNI, SSK II Koopsus TNI, SSK III Pasukan TNI AD, SSK IV Pasukan TNI AL, SSK V Pasukan TNI AU, dan SSK VI Pasukan PNS. Selain itu, ditempatkan sebagai backgraund terdiri dari, dua unit Anoa PMPP, dua unit Panser V 150 TNI AD, dua unit Mistral TNI AD, empat unit Atav Kopassus, dua unit Howizert TNI AL, satu unit ISLV TNI AL, dua unit APC Turangga TNI AU, satu unit ISLV TNI AU, dua unit ISLV Denma Mabes TNI.

Hadir dalam acara Sertijab antara lain, Menko Polhukam RI Mahfud MD, Menhan RI Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus dan sejumlah anggota Komisi I DPR RI.

Dihadapan awak media, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, akan melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa. “Saya akan konsisten untuk melanjutkan program-program maupun pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI mengucapkan terimakasih atas jasa-jasa Jenderal TNI Andika Perkasa selama menjabat sebagai Panglima TNI. “Hal ini menjadi kebanggan bersama dan tentunya nanti akan saya lanjutkan di dalam saya menjabat sebagai Panglima TNI,” jelasnya.

Laksamana TNI Yudo Margono mengaku bangga karena dapat menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa. “Pertama pasti bangga karena tertinggi di TNI, namun kita memiliki beban dan tanggung jawab yang besar, tadinya saya hanya bertanggungjawab untuk Angkatan Laut, sekarang untuk TNI,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Jenderal TNI Andika mengaku lega telah menyudahi masa aktifnya di TNI. “Saya merasa lega menyudahi dinas aktif di TNI, sejauh saya berusaha, penilaian itu bukan milik saya. Yang jelas saya dan istri sudah menyelesaikan tugas saya sampai akhir,” imbuhnya.

Jenderal TNI Andika Perkasa juga mengatakan secara khusus dirinya akan memberikan masukan kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono soal dinamika yang terjadi. “Saya akan berikan masukan bila terjadi dinamika,” ucapnya.

MC101-Puspen TNI