Latma Cope West ’23 di Pekanbaru Berakhir, Kerjasama TNI AU – USAF Makin Kuat

Cakra101, Pekanbaru.- Latihan bersama TNI AU dengan United Pacific Air Force (US PACAF) Cope West 2023 resmi berakhir, ditandai dengan upacara penutupan, dipimpin Asisten Operasi (Asops) Kasau, Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P dan pejabat USAF Major General Mark Alan Weber di ruang VIP Arjuna Lanud Roemin Nurjadin, Pekanbaru, Jumat (23/6/2023).

Asops Kasau dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa capaian yang diraih selama pelaksanaan Cope West 2023, yang paling utama adalah makin kuatnya kerjasama TNI AU dan United State Air Force (USAF).

“Hal yang paling berharga yang dapat dimaknai dari Latihan Bersama ini adalah hubungan yang semakin kuat dan erat antara TNI AU dan US PACAF, sebagaimana juga hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat,” ungkap Asops Kasau.

Asops Kasau juga mengapresiasi penyelenggaraan latihan, yang berhasil membangun Interoperabilitas yang solid dalam hal koordinasi, komunikasi, dan kerjasama dalam perencanaan dan pelaksanaan Operasi Udara Gabungan.

Selain itu, latihan yang berlangsung selama dua minggu, telah menjadi ajang pertukaran pengetahuan dan berbagi pengalaman antar personel yang terlibat latihan, baik pada Cope West, Interoperability Bomber Landing maupun Militery To Militery DAGR.

“Penyelenggaraan latihan ini, tentunya menjadi pengalaman berharga bagi seluruh peserta yang terlibat dalam Latihan Bilateral ini,” ujar Asops Kasau

Latihan bersama Cope West, Interoperability Bomber Landing dan Militery To Militery DAGR tahun 2023 merupakan latihan ke-10 yang diselenggarakan TNI AU dan USAF.

Pada Cope West ’23, TNI AU mengerahkan sejumlah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 “Dragon”, Skadron Udara 14 “Tiger” dan Skadron Udara 16 “Rydder”. Sementara USAF melibatkan enam pesawat tempur F-16 dari 35th Fighter Squadron, 8th Fighter Wing “Wolf Pack” Kunsan Air Force Base (AFB) di bandara Gunsan, pantai barat semenanjung Korea Selatan.

Sementara untuk Latihan Interoperability Bomber Landing, USAF melibatkan dua pesawat Bomber jenis B-52 Stratofortress, sedangkan untuk M2MC DAGR melibatkan pasukan elit US Marine dan dari TNI AU melibatkan Pasukan Khusus Satbravo 90 Kopasgat.

Turut hadir pada upacara penutupan latihan, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin, Paban III/Lat Sopsau, Danwing 6, dan sejumlah perwakilan pejabat dari kedua angkatan udara.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds