Latihan Penanggulangan Teror TNI AL dan PT Pertamina Persero di Perairan Balikpapan

Cakra101, Balikpapan.- Latihan Penanggulangan Anti Teror (Gultor) Denjaka TNI AL Emergency and Crisis Major Exercise Tahun Anggaran 2023 merupakan latihan penanggulangan teror penyelamatan pembajakan kapal dan sandera yang dilakukan oleh sekelompok teroris mengatasnamakan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) berlangsung di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/11/2023).

Simulasi pada latihan Gultor ini terdapat kejadian pembajakan dan sandera oleh teroris JAD yang dilakukan di dua tempat daerah objek vital, di Kapal MT Sanga Sanga dan Platform Sepinggan milik PT. Pertamina Persero tepat di perairan Balikpapan Kalimantan Timur. Reaksi cepat aksi khusus Denjaka melakukan manuver dan penyergapan melalui media udara dan laut yaitu tim ruber duck operation via udara dengan penerjunan, tim combat boat melalui laut dengan sea raider, tim combat fiver dengan melaksanakan infiltrasi bawah air, dan tim Fastrope dengan menggunakan Heli.

Foto: Dok Dispen Kormar

Dalam latihan tersebut, Denjaka melumpuhkan para teroris dan menyelamatkan para sandera dengan aman dan sukses. Latihan Aksi Khusus yang digelar ini berjalan dengan sangat baik dipimpin langsung oleh Dandenjaka sebagai Dansatgas Latihan Penanggulangan Anti Teror (Gultor) Denjaka Emergency and Crisis Major Exercise Kolonel Marinir Rino Rianto M.Tr. Hanla., M.M. Walaupun dengan objek yang mempunyai kesulitan tinggi dan membutuhkan keakurasian serangan, Denjaka tetap tampil dengan manuver berkecepatan tinggi, responsif, menjaga kesenyapan dalam penyergapan sekaligus mematikan lawan dengan efisien.

Latihan yang telah dilaksanakan merupakan bagian profesionalisme prajurit Denjaka untuk memelihara dan mengasah serta meningkatkan keterampilan, kemampuan, profesionalisme dan kesiapsiagaan operasional Prajurit Denjaka dalam melaksanakan tugas mengatasi terorisme beraspek laut.

Foto: Dok Dispen Kormar

Menyaksikan secara langsung dalam Lat Gultor Denjaka, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Heru Kusmanto, Pati Sahli TK. III Bid. Banusia Panglima TNI, Laksamana Muda (Laksda) TNI Bambang Eko Palgunadi, Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan mewakili Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi SE., MM., M.Tr.Opsla,, CHRMP., , CRMP. , para Pejabat Utama Mabesal dan Pejabat Utama Mako Kormar serta Jajaran Pejabat Pertamina Balikpapan.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds