Pimpin Sertijab, Pangdam Kasuari Harap Perwiranya Bijaksana Dalam Bertindak Dan Bersikap

Cakra101, Manokwari.- Mutasi dan pergantian jabatan harus dimaknai sebagai bagian untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada setiap Perwira agar memiliki sikap kepemimpinan yang teruji, karena telah dihadapkan dengan beragam tantangan pengalaman tugas dengan dimensi yang berbeda, sehingga diharapkan para Perwira semakin lebih matang dan bijaksana dalam bertindak dan bersikap, sekaligus bisa memperluas wawasan berpikir dan memandang segala sesuatu dalam perspektif yang lebih luas dan tidak lagi berpikir sempit.

Hal ini dikatakan Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., selaku Pangdam XVIII/Kasuari dalam sambutannya saat memimpin jalannya acara prosesi prosesi serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Asrendam XVIII/Kasuari dari Kolonel Inf Stefanus Satrio Ariwibowo, S.H. kepada Kolonel Inf Kohir, Aspers Kasdam XVIII/Kasuari dari Kolonel Inf Jatmiko Aryanto, S.E. kepada Kolonel Inf Teadi Aulia Mula Uji, S.E. Kahubdam XVIII/Kasuari dari Kolonel Cke Ony Prasetyawan kepada Letkol Cke Achmad Farid dan Dandeninteldam XVIII/Kasuari, di Aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (1/5/2024).

Selaku Pangdam XVIII/Kasuari ia mengucapkan selamat dan turut berbangga kepada para pejabat baru beserta istri, atas kepercayaan yang telah diberikan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab jabatan di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari.

”Tradisi satuan merupakan suatu upaya untuk menanamkan rasa memiliki, bangga dan mencintai satuan bagi personel baru dan lama. Kondisi inilah yang perlu ditumbuh kembangkan dalam rangka memelihara hubungan emosional dan moril personel dalam pelaksanaan tugas serta tanggung jawabnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang baik ini, ia mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pejabat yang lama karena telah memberikan pengabdian terbaiknya selama berdinas di Kodam XVIII/Kasuari.

”Saya yakin, ketekunan, dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini, saudara akan mampu menunjukkan karya dan kerja yang terbaik juga di tempat dinas yang baru. Ambillah hal-hal yang baik selama menjalankan tugas disini, untuk dikembangkan di satuan baru nanti. Saya berharap, dengan berbekal kemampuan dan pengalaman tugas yang beragam, bisa menjadi modal yang berharga untuk mengemban tugas yang baru. meski sudah pindah tugas di tempat yang baru, saya berharap tetaplah jalin komunikasi dan silaturahmi sebagai bagian dari Patriot Pembela Rakyat”.

”Selanjutnya, saya juga ucapkan selamat kepada Letkol Inf Lukman Permana beserta Ibu yang akan melanjutkan tugas sebagai Dandim 1803/Fakfak yang baru, segera lakukan adaptasi dengan lingkungan tugas yang baru, jalin hubungan kerja yang baik dengan unsur-unsur terkait dan saling komunikasi serta koordinasi guna mendukung tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari ke depan,” kata Pangdam.

Mengakhiri sambutannya ia mengucapkan penghargaan kepada istri yang selalu setia mendampingi suami dalam melaksanakan tugas.

“Sebagai pendamping suami, mengurus keluarga dan anak-anak, ditambah juga mengurus organisasi Persit, merupakan peran yang harus bisa dilakukan dengan baik dan seimbang, peran istri sangatlah menentukan dalam merawat dan memelihara semangat dan moril suami di manapun bertugas,” katanya.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, Irdam, Kapoksahli, Danrem 181/PVT, Danrem 182/JO, Danrindam, para pejabat Kodam, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Rina Haryanto beserta para pengurus Persit lainnya.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel