Sekolah Top Gun Asia Tenggara Selesai: Kasau dan CAF RSAF Tutup 4th Joint Fighter Weapon Course dan Latma Elang Indopura Di Pekanbaru

Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA “Bobcat” bersama Chief of Air Force Republic Singapore Air Force (RSAF) MG. Kelvin Khong “Saint” menutup secara resmi 4th Joint Fighter Weapon Course (JFWC) dan Latihan bersama Elang Indopura 22 Tahun 2023 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Kamis (30/11/2023).

Kasau mengatakan, Joint Fighter Weapon Course bertujuan meningkatkan kualifikasi penerbang tempur, dimana skill dan profesionalisme para penerbang diasah dengan pengetahuan tentang persenjataan dan taktik pertempuran udara modern.

JFWC diikuti oleh tiga penerbang tempur TNI AU dan tiga penerbang tempur RSAF. Para penerbang menjalani ground phase dan flying phase. Tahap ground phase yang dilaksanakan di Paya Lebar Air Base, Singapura diberikan beberapa materi latihan, berupa air to air missile, air to ground missile, offensive counter air (OCA), defensive counter air (DCA), dan Closed Air Support (CAS).

Foto: Dok Dispenau

Sedangkan tahap Flying Phase dilatihkan beberapa jenis misi, yakni Basic Fighter Maneuver (BFM), Air Combat Maneuver (ACM), Air Combat Tactic (ACT), Basic Surface Attack (BSA), Surface Attack Tactic (SAT), dan Mission Oriented Training (MOT).

Sementara pada Latma Elang Indopura 22/2023 melibatkan pesawat tempur F-16 dari kedua negara. Elang Indopura menjalani sejumlah latihan pertempuran udara, antara lain Basic Fighter Maneuver (BFM), Air Combat Maneuver (ACM) dan Air Combat Tactic (ACT).

Elang Indopura ke-22 tahun ini juga melaksanakan latihan pengisian bahan bakar di udara (Air to Air Refuelling/AAR), di mana pesawat A330 MRTT RSAF sebagai pesawat tanker. Keberhasilan latihan AAR ini membuktikan kemampuan para penerbang kedua angkatan udara semakin meningkat, serta semakin eratnya kerjasama yang baik antara TNI AU dan RSAF.

Penutupan JFWC ke-4 dan Latma Elang Indopura ke-22 yang dihadiri oleh pejabat utama kedua Angkatan Udara Indonesia dan Singapura dan menegaskan bahwa begitu pentingnya hubungan kerjasama bilateral dalam menjaga kemampuan operasional dan keamanan di kawasan.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds