Kolaborasi TNI AU-RSAF Tetap Kuat: Airmen Talk Menjelang Penutupan Latma Elang Indopura TA 2023

Cakra101, Pekanbaru.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA.”Bobcat” dan Chief of the Air Force Republic of Singapore Air Force (CAF RSAF) Maj Gen Kelvin Khong Boon Leong “Saint” menjalin dialog akrab dalam Airmen Talk di Base Ops Lanud Roesmin Nurjadi, Pekanbaru, menjelang upacara penutupan Latma Elang Indopura TA 2023 dan Joint Fighter Weapon Course TNI AU-RSAF pada Kamis (30/11/2023). Pertemuan ini menjadi sarana penting untuk membahas sejumlah aspek kerjasama militer khususnya Angkatan Udara antara Indonesia dan Singapura.

Dalam Airmen Talk tersebut, CAF RSAF mengungkapkan ucapan terima kasihnya atas kerjasama yang erat antara kedua negara, menyebutkan bahwa Latma Elang Indopura memiliki signifikansi strategis bagi keduanya. Maj Gen Kelvin Khong Boon Leong menekankan bahwa kursus Joint Fighter Weapon Course (JFWC) dan Latma Elang Indopura berlangsung dengan baik, memperkuat kesiapan dan kerjasama antara kedua angkatan udara.

Poin lain yang menjadi fokus pembicaraan adalah keberhasilan Latihan Air to Air Refuelling yang dianggap sangat berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan perwira TNI AU. CAF RSAF menyampaikan harapannya untuk lebih banyak pelaksanaan joint exercise di masa mendatang, sementara menyoroti tingginya tingkat keterlibatan dari tingkat atas hingga tingkat bawah dalam kerjasama bilateral.

Foto: Dok Dispenau

Dalam pertemuan tersebut, Kasau juga menyampaikan bahwa TNI AU menyiapkan Siabu AWR (Air Weapon Range) sebagai area training untuk latihan penembakan udara darat dan simulasi serangan udara pada sasaran strategis pangkalan udara dengan pertahanan udara modern.

Kasau juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan permintaan agar jika memungkinkan, dilakukan joint course di bidang lain untuk lebih memperkaya pertukaran pengetahuan dan keterampilan antara kedua pihak.

Terakhir, CAF RSAF menyampaikan harapannya agar Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU dapat tampil di Singapore Air Show sebagai wujud kolaborasi yang lebih mendalam di bidang pertunjukan udara internasional. Airmen Talk ini menjadi momentum berharga dalam memperkuat hubungan militer antara Indonesia dan Singapura.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds