Wakasau Laksanakan Pertemuan dengan Sejumlah Pemimpin Angkatan Udara Dunia

Cakra101, Canberra.- Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., melaksanakan pertemuan dengan sejumlah pemimpin Angkatan Udara dunia disela-sela pelaksanaan Air and Space Power Conference, di National Convention Centre, Canberra, Australia, Selasa (7/5/2024).

Sejumlah agenda penting yang menyangkut kerja sama pendidikan dan latihan, menjadi topik pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan pertama dilakukan antara Wakasau dengan Chief of Air Force of the Royal Australian Air Force (CAF RAAF), membahas beberapa hal yang berkaitan dengan kontribusi RAAF dalam mendukung latihan Air to Air Refueling TNI AU di Lanud Iswahjudi Tahun lalu.

Wakasau menyampaikan bahwa TNI AU juga siap berpartisipasi dalam mendukung kegiatan Pitch Black 2024 yang akan dilaksanakan pada pertengahan Tahun ini.

Pertemuan kedua dengan Chief of Air Force of the Royal Singapore Air Force, Wakasau mengucapkan selamat atas terpilihnya CAF sebagai Kasau Singapura.

Wakasau juga mengapresiasi kepada RSAF yang telah mampu mencapai status Full Operational Capability (FOC) untuk pesawat H225M dan CH-47F Chinook.

Sedangkan, Kasau Singapura mengapresiasi kepada TNI AU atas partisipasi dan kehadiran Jupiter Aerobatic Team (JAT) dalam ajang Singapore Air Show pada Februari 2024 lalu. Menurutnya, penampilan JAT paling impresif dibanding yang lain dan mengangkat citra Singapura khususnya RSAF.

Pertemuan berikutnya dengan Commander of the Royal Brunei Air Force (RBAF). Wakasau memberikan apresiasi kepada Brunei dan RBAF yang telah membeli enam Helikopter H145M, untuk menggantikan armada Bo-105 yang sudah mendukung tugas RBAF selama 41 Tahun dan dipensiunkan pada dua Tahun yang lalu.

Kemudian melanjutkan pertemuan dengan Space Commander of the French Space Command. Pada kegiatan diskusi ini, Wakasau menyatakan ketertarikan TNI AU untuk bisa belajar lebih banyak tentang pemanfaatan ruang angkasa dan membicarakan tentang French Space Command yang sudah melaksanakan AsterX atau latihan militer ruang angkasa berbasis War Games.

Wakasau menyampaikan terima kasih kepada Kedutaan Perancis yang telah berkenan mengundang perwakilan Indonesia untuk dapat mengikuti kursus Space military selama beberapa hari di Perancis pada pertengahan Tahun ini.

Terakhir, pertemuan Wakasau dengan Commander of the Pacific Air Force. Kegiatan diskusi ini diawali dengan mengucapkan selamat atas terpilihnya Commander of PACAF yang telah dilantik pada bulan Februari lalu.

Selain itu, Wakasau juga mengapresiasi kepada PACAF yang telah mampu membuat sejarah dengan melaksanakan Air-to-Air Refueling pesawat militer menggunakan pesawat komersil (Omega KDC-10). Diskusi ditutup dengan harapan kegiatan AAR dapat dilakukan rutin di Indonesia setiap tahunnya.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds