60 Tahun Wanita TNI AU, Kasau: Peran Wanita TNI Angkatan Udara Makin Penting Dan Menentukan

Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., mengapresiasi peran Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) yang makin penting dan menentukan. Kasau bangga karena lebih dari 2000 personil Wara, kini telah berperan aktif, diberbagai lini penugasan, baik di dalam negeri, termasuk jadi pasukan penjaga perdamaian di kancah internasional.

“Peran prajurit wanita di dalam organisasi TNI Angkatan Udara makin meningkat, prestasi yang telah diraih Wara diberbagai bidang, telah menempatkan mereka, pada tingkat yang sejajar dengan wanita hebat dari Angkatan Udara negara lain,” kata Kasau.

Apresiasi tersebut disampaikan Kasau saat memimpin upacara peringatan HUT ke-60 Wara, di Mabesau, Cilangkap Jakarta Timur,, Senin,(14/8/2023).

Kasau optimis, berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih Wara diberbagai bidang, telah menegaskan bahwa Wara mampu menunjukkan Peran yang profesional, tangguh dan moderen dalam menjawab tantangan dan dinamika penugasan.

“Saya optimis, Wanita Angkatan Udara akan terus menjadi sumber inspirasi dan motivasi serta turut berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara,” tegas Kasau.

HUT ke-60 Wara tahun 2023, mengangkat tema “Dengan Semangat Kanya Bhakti Sakti Sejati, Wara sebagai Prajurit Profesional, Tangguh dan Moderen, Siap Mewujudkan TNI Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”.

Bertindak sebagai Komandan upacara dalam HUT Wara ke-60, Kolonel Sus Monika T.P., S.T.,M.Si., yang sehari-hari berdinas di Sekolah Komando Kestuan TNI AU (Sekkau), Jakarta. Ratusan Wara, tampak ikut ambil bagian dalam upacara di Lapangan Mabes TNI AU.

Turut hadir, Wakasau Marsdya TNI A.Gustaf Brugman, M.Si (Han), Pangkoopsudnas Marsdya M.Toni Hardjono, S.E., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M., Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau dan sejumlah pejabat utama TNI AU lainya.

Saat ini, jumlah Wara aktif ada 2.092 orang, dari berbagai level kepangkatan, mulai Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama dan Bintara, yang tersebar dalam berbagai penugasan di Indonesia dan luar negeri. Keberadaan Wara, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam organisasi TNI AU, dan mereka juga terlibat dalam tugas-tugas operasi menjaga kedaulatan wilayah udara nasional.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel