Press Tour Dispenau 2023. TNI AU Ajak Awak Media, Melihat Kawah Candradimuka Penerbang TNI AU

Cakra101, Yogyakarta.- Setelah mengenal Home Of Fighter TNI AU di Lanud Iswahjudi, Magetan, peserta press tour Media Dirgantara 2023, berkesempatan mengunjungi kawah candradimuka penerbang TNI AU, di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Kamis (24/8/23).

Puluhan peserta press tour, dari media cetak, elektronik dan online, diajak melihat aktifitas siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU dan Alutsista, di Skadron Pendidikan (Skadik) 101 dan Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Kedatangan Kadispenau Marsma TNI R.Agung Sasongkojati, MA.Sc., M.SS, dan peserta press tour, diterima Danfligt A Skadik 101 Mayor Pnb Zulkhan. Kepada awak media Danfligt A menjelaskan proses pendidikan siswa Sekbang TNI AU di kawah Candradimuka, serta alutsistanya, yakni pesawat Grob G 120 TP-A dan pesawat KT-1B Wongbee. Para awak media juga melihat langsung bagaimana para calon elang-elang muda TNI AU “digembleng” dalam kawah candradimuka. Selain itu, awak media juga di ajak melihat pesawat-pesawat FASI di hanggar FASI DIY.

Selanjutnya para peserta Press Tour ini juga berkesempatan mengunjungi Museum Karbol di Akademi Angkatan Udara, di kesatrian AAU. Museum Karbol menyajikan berbagai informasi TNI AU, mulai sejarah bakti TNI AU dalam mempertahankan Kemerdekaan RI, hingga sejarah perjalanan Karbol AAU dan kiprah generasi penerus TNI AU mengisi kemerdekaan.

Pada sesi akhir, para peserta Press Tour juga diajak melihat berbagai koleksi pesawat TNI AU dan koleksi lainnya, di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), di Lanud Adisutjipto.

Museum yang berdiri sejak 1984 ini, menyajikan 61 koleksi jenis pesawat, baik dari blok barat maupun blok timur, serta pesawat buatan anak bangsa Indonesia.

Turut mendampingi peserta press tour, Sesdispenau Kolonel Sus Firmansjah, serta para pejabat dan personel Dispenau.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel