Dankormar Ikuti Pembukaan Latihan Armada Jaya XLII TA 2024 Secara Vicon

Cakra101, Jakarta.- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti upacara pembukaan Latihan Armada Jaya (AJ) XLII TA 2024 secara Video Confrence (Vicon) dari ruang Vicon Puskodal Kormar (Pusat Komando dan Pengendalian Korps Marinir) gedung Agoes Subekti Mako Kormar, jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (05/08/2024).

Upacara pembukaan Latihan Armada Jaya XLII TA 2024 dilaksanakan di ruang Auditorium Gedung R. Sudomo Kodiklatal, bertindak selaku inspektur upacara Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. Upacara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan kesiapan pelaksanaan latihan Armada Jaya, pernyataan resmi pembukaan Latihan Armada Jaya oleh Pangkoarmada RI, penyematan tanda peserta latihan, dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.

Foto: Dok Dispen Kormar

Latihan Armada Jaya XLII TA 2024 mengusung tema “Kogaslatgab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin, Kogasgabhantai melaksanakan, merencakanakan operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan, administrasi dan operasi pertahanan pantai dengan didukung operasi dukungan pasukan khusus, operasi dukungan komlek, operasi dukungan Kesehatan dan operasi dukungan informasi dimedan operasi wilyah Indonesia barat bagian utara dan wilayah Indonesia timur bagian utara dalam rangka mendukung kampanye militer Kogab TNI.”

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Pangkoarmada RI menekankan kepada seluruh peserta bahwa Latihan Armada Jaya bukan hanya Latihan rutinitas tahunan belaka, melainkan ajang untuk berlatih dalam meningkatkan kemampuan dan profesinalisme sebagai prajurit Jalasena, pengawal laut Nusantara. “Gunakan kesempatan Latihan ini dengan maksimal untuk menjadi prajurit matra laut yang Unggul dan Tangguh. Melalui Latihan ini kita dapat mengukur kemampuan unsur pimpinan dan staf komando Kogas gabungan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan militer sekaligus menguji dan menyempurnakan strategi, taktik dan doktrin peperangan yang kita miliki”, ujar Kasal.

Foto: Dok Dispen Kormar

“Saya perintahkan kepada semua peserta Latihan, Laksanakan Latihan ini dengan sebaik-baiknya dan berlatihlah dengan sekeras-kerasnya, ingatlah bahwa tidak ada prajurit yang hebat, yang ada hanya prajurit terlatih”, pungkas Kasal.

Hadir mendampingi Dankormar dalam Vicon upacara pembukaan Latihan Armada Jaya XLII TA 2024, para Asisten Komandan Korps Marinir, Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Korps Marinir.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel