Pangdam Kasuari Minta Prajurit Kodim 1802/Sorong Jadikan Keamanan Masyarakat Prioritas Utama

Cakra101, Sorong.- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., meminta kepada untuk menjadikan keamanan masyarakat sebagai prioritas utama dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil serta ciptakan kehadiran yang positif dan tanggap terhadap setiap laporan atau informasi terkait keamanan.

Hal ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Rina Haryanto saat memberikan pengarahan kepada para prajurit, PNS serta Persit Kodim 1802/Sorong, Papua Barat Daya, pada Senin (5/8/2024).

Dalam pengarahannya, Pangdam juga menyampaikan beberapa arahan terkait tugas dan tanggung jawab prajurit Kodim 1802/Sorong dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari upaya kita untuk terus mempererat sinergi dan koordinasi antara Kodam dan Kodim dalam menjalankan tugas-tugas strategis TNI AD di wilayah Papua Barat Daya. Sebagai Pangdam XVIII/kasuari, saya merasa bangga dan bersyukur melihat semangat juang serta dedikasi yang tinggi dari seluruh Prajurit dan PNS Kodim 1802/Sorong dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini,” ucapnya.

Iapun yakin dengan kesiapan dan profesionalisme, para prajurit dapat mengatasi setiap tantangan dengan baik dan memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Lakukan pengawasan wilayah secara ketat untuk mencegah dan menanggulangi setiap aktivitas yang dapat mengganggu ketertiban umum dan stabilitas sosial. Jadilah bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Perkuat hubungan baik dengan masyarakat setempat, dengarkan dan pahami kebutuhan mereka, serta berikan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka,” ujar Pangdam.

Berikutnya, perkuat kolaborasi dan koordinasi dengan instansi Kepolisian, Pemda, dan elemen masyarakat lainnya, kerjasama yang solid akan memperkuat kapabilitas dalam mengatasi berbagai tantangan keamanan.

“Saya ingin menyampaikan perhatian khusus terkait dengan maraknya praktik judi online yang saat ini terjadi. Fenomena ini bukan hanya terjadi di lingkungan masyarakat tetapi juga terjadi di lingkungan TNI”>

“Menghadapi pelaksanaan pilkada serentak yang merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan demokrasi. Sebagai anggota TNI AD, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung. Tapi ingat, kita harus selalu mengedepankan netralitas dan profesionalitas dalam setiap langkah dan keputusan yang kita ambil. Pastikan tidak ada intervensi atau pengaruh dari pihak manapun yang dapat merusak integritas kita sebagai prajurit TNI AD,” kata Pangdam.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

Diakhir kunkernya ke Kodim 1802/Sorong, Pangdam beserta Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari yang didampingi para pejabat Kodam berkesempatan untuk menanam sejumlah pohon kenangan di areal Makodim 1802/Sorong.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel