Jelang Upacara HUT Ke-79 TNI, Kasau Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Kontingen TNI AU

Cakra101, Jakarta.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M. memimpin apel pengecekan kesiapan pasukan kontingen TNI AU di apron Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/9/24). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan melibatkan 30.000 prajurit TNI dari Matra Darat, Laut dan Udara.

Dalam apel tersebut, Kasau meninjau kesiapan pasukan yang terdiri dari berbagai unsur, antara lain Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau), Wanita Angkatan Udara (Wara), Air Crew, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), serta pasukan Swa Bhuwana Paksa (SBP). Pengecekan meliputi kesiapan personel, alutsista, dan kesiapan operasional.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Dalam sambutannya Kasau mengatakan, peringatan hari ulang tahun TNI memiliki makna yang sangat penting, sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia. Selain itu, demo udara yang akan ditampilkan TNI AU dan matra lainnya pada peringatan tersebut, memiliki makna penting sebagai bentuk komitmen TNI kepada rakyat Indonesia, berupa kesiapan operasional yang tinggi yang melibatkan 148 Pesawat TNI AU, 15 Pesawat TNI AL dan 18 Pesawat TNI AD.

“Selaku Kepala Staf Angkatan Udara saya menekankan, kepada seluruh prajurit khususnya yang terlibat upacara HUT Ke-79 TNI untuk memberikan yang terbaik sebagaimana yang telah disiapkan dan dilatihkan, baik melalui upacara parade maupun demo udara,” Ujar Kasau.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Kesiapan kontingen TNI AU yang ditunjukkan dalam apel ini menjadi bukti nyata, bahwa TNI Angkatan Udara selalu siap siaga menjaga kedaulatan NKRI. Dengan kekuatan personel yang terlatih dan alutsista yang modern, TNI AU siap memeriahkan HUT ke-79 TNI melalui aksi demonstrasi darat dan udara yang dipusatkan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel