Kasdam Kasuari Pimpin Ziarah Nasional Sambut HUT Ke-79 TNI “Bentuk Penghormatan Kepada Pahlawan”

Cakra101, Manokwari.- Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, memimpin Ziarah Nasional yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Trikora, Manokwari, Papua Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Papua Barat, sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Bangsa, pada Jumat (4/9/2024).

Upacara ziarah tersebut dimulai dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu Pahlawan oleh Kasdam XVIII/Kasuari. Setelahnya, dilakukan tabur bunga di makam-makam Pahlawan sebagai simbol penghargaan dan doa bagi para prajurit yang gugur demi tanah air.

Kasdam dalam kesempatan ini menekankan pentingnya momen ini sebagai bentuk pengingat bagi seluruh prajurit TNI untuk terus menjaga semangat juang dan pengabdian yang diwariskan oleh para Pahlawan.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari
Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Ziarah ini bukan hanya seremonial semata, tetapi merupakan wujud komitmen kita untuk menjaga persatuan dan kedaulatan Negara yang sudah dibangun dengan perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan. Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mengingat jasa-jasa mereka dan melanjutkan tugas menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Peringatan HUT ke-79 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2024 akan dirayakan dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara militer, bakti sosial, hingga pertunjukan alutsista di berbagai wilayah Indonesia. Di Papua Barat, TNI juga telah mempersiapkan rangkaian acara yang melibatkan masyarakat untuk memperingati momen bersejarah ini.

Ziarah nasional ini sekaligus menjadi bagian dari refleksi seluruh komponen TNI akan pengabdian tanpa henti kepada Bangsa dan Negara. Semangat pengorbanan para Pahlawan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh prajurit dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan.

Acara ini juga diikuti oleh Irdam, para pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Manokwari dan Ketua Bhayangkari Polda Papua Barat beserta pengurus.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel

This will close in 20 seconds