Kasau Resmi Menutup MTQ dan MHQ TNI AU Tahun 2024, Kopasgat Raih Juara Umum

Cakra101, Cilangkap.- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum (Ketum) PIA Ardhya Garini, Ny. Isa M. Tonny Harjono secara resmi menutup Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII dan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) ke-XIII TNI Angkatan Udara tahun 2024 di Gedung Serbaguna Suharnoko Harbani, Denmabesau, Jakarta, Kamis (24/10/2024).

Dalam ajang ini, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) berhasil meraih gelar juara umum dengan perolehan nilai total 12. Lomba diikuti oleh kafilah dari berbagai satuan di lingkungan TNI AU, baik militer, pegawai negeri sipil (PNS) maupun PIA Ardhya Garini.

Kasau dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah menampilkan bacaan terbaik dari ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Lebih lanjut dikatakan bahwa perlombaan ini tidak hanya menjadi ajang untuk berkompetisi, tetapi juga sarana untuk memperdalam keimanan dan ketakwaan kepada ALLAAH Subhaanahu Wata’ala.

Kasau juga menyebutkan bahwa kemenangan dalam perlombaan ini bukanlah sekadar prestasi, melainkan amanah untuk terus menjaga, mengamalkan, dan menyebarkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Piala bergilir yang diraih adalah simbol dari kerja keras, ketekunan, dan dedikasi yang luar biasa. Namun, tanggung jawab ini tidak berakhir dengan kemenangan. Jadikanlah kemenangan ini sebagai motivasi untuk terus mengasah kemampuan dan mendekatkan diri kepada ALLAAH Subhaanahu Wata’ala,” pesan Kasau.

Foto: Dok Dispenau

Adapun pemenang MTQ pada kategori individu antara lain:

Pemenang MTQ Golongan Militer Pria:

  1. Prada Ainur Furqan dari Koopsudnas dengan nilai 93,5.
  2. Serda Ahmad Mafahir dari Kopasgat dengan nilai 87.
  3. Kapten Tek Rachmat dari Koopsud II dengan nilai 82.

Pemenang MTQ Golongan PNS Pria:

  1. PNS III/c Mahfudin, S.Ag., dari Kodiklatau dengan nilai 87,5.
  2. PNS III/b Aziskan dari Koopsud I dengan nilai 82.
  3. PNS III/a Achmad Marsujik dari Koharmatau dengan nilai 73.

Pemenang MTQ Golongan PNS Wanita:

  1. Ny. Maslahatul Ammah dari Kopasgat dengan nilai 93,5.
  2. Ny. Azmi Iman Sari dari Denmabesau dengan nilai 89.
  3. Ny. Putri Budeirliani S. dari Koopsud I dengan nilai 86,5.

Sementara itu, pemenang kategori Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) sebagai berikut:

Pemenang MHQ Kategori Pria 3 Juz:

  1. Pratu Muhammad Irvan dari Koopsud I dengan nilai 98,5.
  2. Sertu Arif Suminar dari Koharmatau dengan nilai 95.
  3. Serda Muhammad Nawaffal dari Kopasgat dengan nilai 94,5.

Pemenang MHQ Kategori Wanita 1 Juz:

  1. Ny. Nurul Muslimah dari Koharmatau dengan nilai 96,5.
  2. Ny. Nurhalimah N. dari Kopasgat dengan nilai 94,2.
  3. Ny. Baiq Diana Arsala dari Koopsud II dengan nilai 92,5.

Setiap pemenang mendapatkan hadiah. Juara umum menerima piala bergilir, sedangkan juara pertama dari setiap kategori individu mendapatkan hadiah berupa paket umrah dan trofi. Juara kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan trofi penghargaan.

Acara yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 23 hingga 24 Oktober 2024 ini, mengangkat tema “Cinta Al-Qur’an Mewujudkan TNI AU yang Ampuh” Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Andyawan M.P., S.I.P., M.Tr.Han., Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., pejabat TNI AU lainnya serta Pengurus Pusat PIA Ardhya Garini.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds