Irkormar Mewakili Dankormar Menghadiri HUT TNI Angkatan Laut Ke-79 Tahun 2024

Cakra101, Jakarta.- Inspektur Korps Marinir Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Tri Subandiyana, S.H., didampingi Ketua Cabang 1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Jeane Tri Subandiyana, mewakili Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., menghadiri Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada setiap tanggal 10 September dipusatkan di Jakarta bertempat di Geladak Heli KRI dr.Radjiman Widyodiningrat-992 yang berlayar di Teluk Jakarta. Selasa (10/09/2024).

Peringatan Upacara HUT Ke-79 TNI AL kali ini dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kasau Marsekal TNI Mohammad Tony Harjono, S.E., M.M., para Kasal dari masa ke masa, para Pejabat Utama Mabes TNI, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Pejabat Kementerian/Lembaga, Forkopimda DKI Jakarta, Ketua Umum Jalasenastri beserta pengurus, Mitra Kemaritiman dan sejumlah masyarakat yang ikut serta berlayar di atas KRI Banda Aceh-593.

Foto: Dok Dispen Kormar

Panglima TNI dalam sambutannya mengucapkan “Dirgahayu Ke-79 TNI Angkatan Laut” bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dimanpun bertugas dan berada, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas. Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia.Upacara hari jadi ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya digelar di atas KRI produksi dalam negeri. Sehingga saya menilai tema hari jadi tahun ini adalah tepat, yakni ”Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju” ucap Panglima TNI.

Rangkaian kegiatan tersebut juga ditampilkan acara tambahan yaitu pemberian penghargaan terhadap KRI dan Satuan Teladan, Bama dan Tamtama Teladan, Prestasi Olahraga Internasional dan Lanal Berprestasi Penangkapan Narkoba, dan dilanjut dengan demontrasi yang ditampilkan diantaranya adalah atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, simulasi pembebasan sandera dari gabungan pasukan khusus TNI AL yaitu Denjaka, Kopaska dan Taifib, serta Flying Pass dari unsur Kapal Perang, Helikopter dan Pesawat Udara milik TNI AL.

Foto: Dok Dispen Kormar

Sebanyak 33 KRI dikerahkan TNI AL dalam Peringatan ulang tahunnya yang ke- 79 tahun ini untuk melaksanakan Sailling Pass. Mulai dari Kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, Kapal Layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 Pesud dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga Alutsista Strategis kekuatan bawah air Kapal Selam TNI AL. Selain Alutsista milik TNI AL, kegiatan Sailing Pass ini juga akan diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basarnas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII).

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel