Denjaka Ikuti Lataksus Koopsus TNI

Cakra101, Cirebon. Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL dini hari melaksanakan serbuan kilat pendadakan sebuah Kapal Motor Barang Bunga Teratai XXI yang sebelumnya di bajak dan dikuasai oleh teroris, termasuk Depo batu bara dan Gedung 2KSOP Kelas II di dermaga Pelita Pelabuhan Cirebon, Jumat (16/06/2023).

Melalui media udara Latihan Aksi Khusus (Lataksus) Denjaka TNI Angkatan Laut Korps Marinir melaksanakan terjun tempur dengan titik pendaratan (Landing zone) yang sangat terbatas. Selain media udara serbuan kilat dilaksanakan melalui media Laut diawali tembakan sniper oleh personel Denjaka tepat mengenai teroris yang sedang bersiaga diatas Kapal. Dilanjutkan serbuan 2 unit kendaraan taktis Sea Rider Denjaka dengan cepat dan sigap bergerak menuju ruang-ruang Kapal serta menguasai dan merebut kembali KMB Teratai XXI yang sebelumnya telah dikuasai sekelompok pasukan bersenjata. Proses evakuasi sandra dan benda yang diduga bom telah dijinakkan, penyerahan tawanan kepada Polisi Militer dan terakhir seluruh pasukan melaksanakan eksfiltrasi.

Aksi tersebut merupakan sebuah skenario dalam Latihan Aksi Khusus (Lataksus) Koopsus TNI semester I TA. 2023 untuk menguji kemampuan dan kesiapsiagaan satuan Pasukan Khusus dalam merespon dengan cepat setiap potensi ancamanan dan gangguan terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia.

Forkopimda dan Masyarakat sekitar begitu antusiasme dan menyambut baik digelarnya Latihan tersebut karena akan berdampak memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekitar terutama wilayah Cirebon. Dalam latihan tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M. Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., Komandan Korps Marinir, (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E M.M., M. Tr (Han), Danjen Kopassus Mayor Jenderal (Mayjen) Deddy Suryadi, Dan Kopasgat Marsekal Muda (Marsda) TNI Wahyu Hidayat, Wadan Koopsus Brigjen TNI (Mar) sebagai Pimlat Lataksus, Asops Dankormar Kolonel Marinir Asril Tanjung, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Ena Sulaksana, Danlanal Cirebon, Pejabat Utama Korem Cirebon serta segenap pejabat Kepolisian dan pemerintahan setempat.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel