Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari: Posyandu Ujung Tombak Membantu Pelayanan Kesehatan Di Kodam Kasuari

Cakra101, Manokwari.- Posyandu mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis serta merupakan ujung tombak dan terdepan dalam membantu pelayanan kesehatan khususnya di wilayah Kodam XVIII/Kasuari bahkan masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan bayi baru lahir, balita, Ibu hamil dan keluarga berencana serta kegiatan terpadu lainnya yang terintegrasi dalam wadah Posyandu.

Hal ini disampaikan Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Rina Haryanto dalam amanatnya pada peresmian Posyandu Kasuari di kompleks Makodam, Manokwari, Papua Barat, pada Selasa (24/9/2024).

Lebih lanjut dikatakan bahwa, salah satu fokus utama Posyandu adalah memastikan asupan gizi yang cukup bagi balita.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Melalui program pemantauan gizi, Posyandu membantu mengidentifikasi dan menangani masalah gizi buruk, kekurangan gizi, serta memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya pemberian makanan yang bergizi,” ucapnya.

Dengan diresmikannya Posyandu ini, selaku Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari ia merasa sangat bangga dan bahagia karena menurutnya hal ini merupakan wujud nyata dari kerja keras dan kolaborasi semua, baik dari Persit maupun masyarakat setempat.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari
Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari
Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Kehadiran Posyandu ini tentunya menjadi salah satu upaya kita untuk mendukung peningkatan kesehatan Ibu, anak, dan masyarakat di lingkungan ini.

“Saya berharap dengan diresmikannya Posyandu Kasuari ini, dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan, melalui peningkatan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, sehingga menciptakan generasi yang sehat dan produktif di masa depan,” katanya.

Kegiatan Posyandu di Kodam XVIII/Kasuari menjadi salah satu upaya nyata dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya di bidang kesehatan. Melalui program ini, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, sehingga tercipta generasi yang sehat dan kuat di masa depan.

Ikut hadir dalam kegiatan ini para pejabat Kodam, Plt Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Kepala Perwakilan BKKBN, Kadinkes Manokwari, Kepala PKM dan Nakes Maripi, para Ketua Persit Cabang I sampai dengan IX PD XVIII/Kasuari serta para Kader Posyandu.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel