Ribuan Pengunjung Padati Semarak Dirgantara 2024

Cakra101, Bantul.- Ribuan pengunjung, termasuk masyarakat dan pelajar dari berbagai wilayah Yogyakarta, memadati Lapangan Terbang FASI Depok, Kabupaten Bantul, Sabtu (28/9/24) untuk menyaksikan pembukaan Semarak Dirgantara 2024.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Udara melalui Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) secara resmi dibuka oleh Komandan Kodiklatau, Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., mewakili Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M.

Pembukaan yang berlangsung meriah menandai dimulainya rangkaian kegiatan yang menggabungkan dunia dirgantara dengan kekayaan budaya lokal.

Kasau dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Kodiklatau menekankan bahwa Semarak Dirgantara 2024 merupakan wujud kolaborasi antara TNI Angkatan Udara dan Pemda DIY.

Menurutnya, pemilihan Yogyakarta sebagai tuan rumah bukan hanya sebagai penghargaan terhadap kekayaan budaya, tetapi juga pengakuan terhadap peran kearifan lokal yang berkontribusi besar dalam menjaga ketahanan sosial budaya dan memperkuat ketahanan nasional.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Kasau juga mengingatkan bahwa ketahanan sosial budaya adalah fondasi utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Melalui acara ini, kita tidak hanya merayakan kebudayaan, tetapi juga mengenalkan dunia kedirgantaraan yang memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan nasional,” ujar Kasau.

Kasau berharap Semarak Dirgantara 2024 dapat menginspirasi generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang kedirgantaraan yang akan berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Sementara itu, Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga Kasau), Marsda TNI Andi Wijaya S.Sos., mengatakan selama dua hari, 28-29 September 2024, masyarakat akan disuguhi beragam kegiatan yang memadukan dunia kedirgantaraan dengan budaya lokal.

Kegiatan yang digelar antara lain Kirab Drumband Akademi Angkatan Udara dan Bregada Keraton yang menyemarakkan acara pembukaan, demonstrasi udara oleh Jupiter Aerobatic Team dan pesawat Grob, serta flypast pesawat tempur F-16 dan T-50i Golden Eagle. Selain itu, berbagai atraksi menarik seperti terjun payung, paramotor, paratrike, pesawat sport, juga turut meramaikan acara ini.

Foto: Dok Dispenau
Foto: Dok Dispenau

Semarak Dirgantara 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bazaar pangan murah, UMKM, B2SA, dan pembagian sembako gratis. Selain itu, acara ini menyajikan hiburan seperti talkshow inspiratif, tarian montro, lomba paper plane, layang-layang, dan boomerang, serta beragan kegiatan lainnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dankopasgat, Marsda TNI Yudi Bustami, S.Sos., Gubernur AAU Marsda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS, Waaspotdirga Kasau, Wakapuslaiklambangjaau, Kadiskesau, Kadispenau, Danlanud Iswahjudi, Danlanud Adi Sutjipto, Danlanud Adi Soemarmo, Dirlat Kodiklatau, Ka RSPAU dr. Hardjolukito, Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs Tri Saktiyana, M.Si., serta sejumlah pejabat TNI-Polri lainnya.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel